Takjil di Pasar Juadah Mujahidin dan Jalan Surya Aman dari Bahan Berbahaya

Uji Sampel Takjil
Uji sampel jajanan pasar juadah. (Rezqy/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak menggelar inspeksi mendadak ke berbagai titik pasar juadah di Pontianak. Dari beberapa tempat yang telah disisir selama dua hari ini, seluruh sampel makanan dan minuman yang diuji dinyatakan aman.

“Kemarin di Mujahidin, dari 21 sampling jajanan yang ada dan kita curigai mengandung boraks, formalin dan rhodamin b, ternyata alhamdulillah negatif berbahan kimia. Begitu juga dengan hari ini, pasar juadah di Jalan Surya, 8 sampel di kita dan 11 di BBPOM hasilnya negatif,” ungkap Kadiskumdag Kota Pontianak, Junaidi saat ditemui pasca sidak, Selasa (20/4/2021) sore.

Bacaan Lainnya

Junaidi mengatakan, sidak ini dilakukan guna memastikan keamanan dan kebersihan  produk-produk yang dijual di pasar-pasar juadah tersebut. Kegiatan ini berlangsung sekitar lima hari, dimulai dari hari Senin (19/4/2021) hingga hari Jumat (23/4/2021).

“Kegiatan ini untuk memastikan keamanan pangan, khususnya yang dijual di beberapa titik pasar juadah di Pontianak. Jadi untuk memberikan keamanan kenyamanan dalam mengonsumsi panganan kuliner yang dibeli. Kemarin Mujahidin hari ini di Surya dan Kemuning. Kita lakukan selama lima hari dari kemarin. Ada lima titik,” tegasnya.

Dalam sidak ini, selain BBPOM Kota Pontianak, Diskumdag Kota Pontianak juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan sebagai penguji sampel. Di mana Diskumdag dan Dinkes melakukan uji sampel secara bersama, begitu juga dengan BBPOM yang melakukan uji sampel secara mandiri.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan sebagai penguji dan juga BBPOM. Tapi masing-masing dari kami juga menguji sampel. Yang disasar makanan-makanan dan minuman, seperti kolak, minuman bewarna, dan lainnya,” tutup Junaidi. (Rezqy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *