KNPI Sambas Desak Pemkab Tuntaskan Masalah CPO Tumpah di Sungai Sejangkung

CPO Tumpah di Sungai Sejangkung
TUMPAH - Tumpahan CPO mencemari Sungai Senjangkung, Sambas, Senin (19/4/2021). (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com -Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sambas, mendesak Pemerintah Kabupaten Sambas bergerak cepat tuntaskan masalah pencemaran liingkungan di Sungai Sejangkung, akibat tumpahan Crude Palm Oil (CPO) yang diduga milik PT Wirata Daya Bangun Persada dari Kapal Ponton Royal Palma IV.

“Perusahaan yang beraktivitas mengabaikan Undang-undang lingkungan sehingga menyebabkan pencemaran harus ditindak tegas,” kata Ketua Harian KNPI Sambas, Kaltin, Kamis (22/4/2021).

Bacaan Lainnya

Pascatumpahnya CPO di Sungai Sejangkung, Kaltin juga mendesak pemerintah dan pihak perusahaan bertangungjawab melakukan pemulihan lingkungan. Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Sejangkung yang tercemar harus dikembalikan seperti semula.

“Bagaimana caranya itu adalaah tanggungjawab perusahaan yang telah lalai. Ada ribuan jiwa manusia dan jutaan biota air yang terancam keselamatannya akibat tumpahan CPO tersebut,” ucapnya.

Kaltin mnegapresiasi langkah kepolisian yang telah melakukan penyidikan terhadap laporan yang mereka terima. Dia harap proses yang dilakukan penyidik transparan, dan tersampaikan ke masyarakat luas.

“Saya harap masalah seperti ini tidak terulang kembali di kemudian hari. Oleh karenanya pemerintah wajib mengambil langkah saat ini juga, karena ini sudah berulang-ulang terjadi. Mudah-mudahan Sungai Sejangkung segera pulih. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat dan untuk kehidupan biota air yang ada di dalamnya,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *