Turunkan Stunting, Bupati Karolin Ajak Masyarakat Budayakan Konsumsi Ikan

Bupati Karolin
SAMBUTAN - Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa, saat membuka kegiatan Safari GEMARIKAN di Pondok Pesantren Al-Muslimun, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Rabu (21/04/21) sore. Kegiatan itu diinisiasi oleh Anggota DPR RI Fraksi PKB, Daniel Djohan. (Prokopim Pemkab Landak).

LANDAK, insidepontianak.com – Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa kampanyekan masyarakatnya agar gemar makan ikan. Supaya, asupan gizi seimbang. Sehingga tertcipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, sekaligus turunkan angka stunting pada anak.

Menurutnya, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Landak masih rendah. Bahkan di tahun 2020, konsumsi ikan di Kabupaten Landak tercatat hanya sebesar 35,78 Kg/kap/th.

Bacaan Lainnya

“Termasuk kategori rendah,” ujarnya saat membuka kegiatan ‘Safari GEMARIKAN’ yang di gelar di Pondok Pesantren Al-Muslimun, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Rabu (21/04/21) sore. Kegiatan itu diinisiasi oleh Anggota DPR RI Fraksi PKB, Daniel Djohan.

Karolin mengaku, peningkatan konsumsi ikan dimasyarakat masih menjadi tantangan ke depan di Kabupaten Landak. Rendahnya tingkat konsumsi ikan itu, dipengaruhi oleh wilayah Kabupaten Landak yang tak memiliki garis pantai. Sehingga pasokan ikan hanya mengandalkan pada produksi pembudidaya ikan air tawar saja.

“Kesulitan kita tidak memiliki laut. Sehingga, kita hanya mengandalkan ikan air tawar,” ucapnya.

Karenanya, untuk meningkatkan stok ikan, agar mencukupi kebutuhan masyarakat, dan  tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Landak tinggi, Karolin menjamin, pihaknya melalui dinas terkait akan terus menciptakan pembudidaya ikan air tawar yang lebih banyak, serta menggerakkan kelompok PKK terus kampanyekan konsumsi ikan di setiap rumah tangga.

Dia berharap, kegiatan Safari GEMARIKAN, bisa memicu pertumbuhan kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat, agar membudayakan makan ikan. Terutama kalangan generasi muda.

“Saya mengajak masyarakat dan tim penggerak PKK agar dapat terus mengkampanyekan makan ikan di Kabupaten Landak terutama pada generasi muda dan anak-anak kita. Sehingga dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Landak,” harap Karolin.

Kegiatan Safari GEMARIKAN turut dirangkai dengan penyerahan bantuan 500 paket ikan olahan kepada masyarakat Kabupaten Landak, yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan,  bagi kebutuhan tubuh manusia.

“Kita harus melakukan variasi dalam mengkonsumsi makanan seperti mengkonsumsi ikan. Karena, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani mengandung asam lemak tidak jenuh, omega 3, penyerapan protein lebih tinggi, kaya akan fosfor, zat besi dan masih banyak lagi manfaatnya,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *