KRI Nanggala Tenggelam, Kapten Yohanes Heri Berjiwa Pemimpin Sejak Kecil

  • Bagikan

MAGELANG, insidepontianak.com – Kapten Yohanes Heri Santoso, salah seorang awak kapal selam KRI Nanggala 402, dikenal memiliki jiwa kepemimpinan sejak kecil. KRI Nanggala dinyatakan tenggelam dan seluruh kru dinyatakan gugur dalam tugas.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Ngadipuro, Iwan Agus Purwoko yang mengaku dekat dengan Kapten Yohanes Heri sejak kecil. Keluarga besar Kapten Yohanes Heri tinggal di Dusun Ngadipuro III, RT 02 RW 09, Desa Ngadipuro, Kecamatan Dukun, Magelang.

“Jiwanya kesatria. Memang berjiwa pemimpin dari kecil. Tidak pernah jadi anak buah. Misalnya main-main anak kecil itu dia bilang ‘saya ingin jadi pemimpin’,” kata Kades Iwan di kediaman keluarga Kapten Heri.

Lebih tua 6 tahun, hubungan Iwan dan Kapten Yohanes Heri sudah seperti kakak dan adik. Kapten Heri tidak canggung berbagi masalah dan menceritakan segala keluh kesah.

“Saya ikut berduka, sedih sekali mendengar waktu itu. Dari kapal selam belum ditemukan pun kami sudah merasakan sedih. Teringat kenapa saya kemarin tidak sempat ketemu,” ujar Iwan.

Kapten Yohanes Heri terakhir pulang ke Magelang pada perayaan Natal tahun 2020. Tak sempat bertemu, Kapten Yohanes Heri hanya menitipkan kenang-kenangan sebuah topi dengan bordiran kapal selama bertuliskan “Submariner”.

Melalui kakak iparnya, Agus Hery Lestiono, dia menitipkan pesan kepada Iwan Agus Purwoko: “Iki kenang-kenangan nggo Pak Lurah tolong disampaikan. Mugo-mugo iso ketemu meneh Hari Raya yang akan datang.”

Kapten Yohanes Heri Santoso lahir di Magelang, 22 Juli 1975. Dia adalah putra kedua dari 4 bersaudara, buah pernikahan pasangan FX Kuntoro dan Darwati.

Sebelum menempuh Sekolah Calon Bintara TNI, Kapten Yohanes mengenyam pendidikan di SD Ngadipuro 1, SMP Negeri 1 Dukun, dan SMA 1 Kota Mungkid.

Kapal selam KRI Naggala 402 dinyatakan tenggelam di perairan Bali, Minggu (25/4/2021). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan 53 awak KRI Nanggala dipastikan gugur.

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: