Kades Parit Baru Kubu Raya Sebut CMS Bank Kalbar Sistem Transaksi Non Tunai Terbaik

Grafis
Grafis CMS Bank Kalbar. (Instagram Bank Kalbar).

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid menggapresiasi terobosan Bank Kalbar melalui Cash Management System (CMS). Dia menilai, sistem non tunai pertama di Kabupaten Kubu Raya adalah sistem terbaik dalam melindungi masyarakat dan kepala desa dari jerat hukum.

“CMS ini sebagai tembok. Selain dia melindungi uang masyarakat, dia juga melindungi kepala desa sendiri, dari tergodanya hal yang tak diinginkan,” kata Musa Abdul Hamid kepada insidepontianak.com, belum lama ini, Rabu (28/4/2021).

Bacaan Lainnya

Hadirnya CMS dinilai sangat membantu pemerintah desa. Sebab, akuntabiltas keuangannya bisa dipertanggungjawabkan. Lewat CMS, keamanan penggunaan belanja dana desa dijamin transparan. Desa tidak lagi bisa bawa uang dalam jumlah banyak secara tunai, dan Pemdes hanya diberi kewenangan ambil gaji.

“Itupun lewat transper. Hak kuasanya bukan lagi kepala desa. Tapi Sekdes dan Kaur Keuangan Desa,” terangnya.

Disamping itu, CMS juga mencegah penyalahgunaan anggaran. Sebab, setiap rupiah yang dikeluarkan tercatat secara rinci, ke rekening masing-masing.

Tak hanya itu, Pemda dan inspektorat juga dapat mengawasi langsung pengunaanya dengan melihat rekening koran.

“Rekening koran ini bisa diminta ke Bank Kalbar. Jadi transfer kemana saja bisa diketahui. Kalau ada kebocoran, di situ sudah ketahuan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *