DPRD Sambas Rancang Raperda Inisiatif Olahraga dan Perlindungan Lahan Pertanian

Sosialisasi Raperda Indisiatif DPRD Sambas
SOSIALISASI - DPRD Kabupaten Sambas sosialisasikan dua Raperda inisiatif tentang penyelenggaraan keolahragaan daerah dan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, Kamis (29/4/2021). (Dok. Humas DPRD Sambas).

SAMBAS, insidepontianak.com – DPRD Kabupaten Sambas gelar rapat sosialisasi dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif tentang Penyelenggaraan Keolahragaan Daerah dan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Kamis (29/4/2021).

Ketua Panitia Khusus (Pansus) I, Ramzi menyebut, sosialisasi itu merupakan bagian dari pembahasan guna menyerap masukan dan saran untuk penyempurnaan dua Raperda inisiatif.

Bacaan Lainnya

“Melalui sosialisasi, kita harap ada saran dan masukan langsung dari masyarakat guna menyempurnakan dua Raperda yang di usung DPRD,” katanya.

Ramzi mengatakan, dalam penyelenggaraan olahraga daerah, Perda tersebut diharap bisa menjamin pemerataan dan peningkatan akses olahraga. Hingga memacu prestasi di tingkat daerah, provinsi bahkan nasional.

“Kami harap, Perda ini dapat menjadi payung hukum dalam pemerataan dan peningkatan akses olahraga serta meningkatkan prestasi olahraga Kabupaten Sambas,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pansus II, Erwin Johana juga menyampaikan, Perda Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan juga tak kalah penting.

Tujuannya untuk melindungi, menjamin ketersediaan lahan dan mewujudkan kemandirian pertanian pangan secara berkelanjutan dalam meningkatkan kemakmuran serta kesejahteraan petani dan masyarakat.

Menurut Erwin, lahan pertanian yang dimaksud dalam Perda tersebut meliputi tiga hal. Yakni kawasan pertanian pangan berkelanjutan, lahan pertanian pangan berkelanjutan dan lahan cadangan pertanian.

“Meliputi lahan yang terlantar, alih fungsi hutan manjadi lahan pertanian pangan dan kawasan lahan marginal,” katanya.

Sesuai jadwal, DPRD Sambas melalui badan musyawarah (Banmus), setelah sosialisasi, akan melanjutkan rapat pendalaman pembahasan dua Raperda oleh Pansus bersama instansi terkait, dan akan diputuskan Selasa, 11 Mei 2021.

Hadir dalam sosialisasi tersebut diantaranya, Wakil Ketua DPRD, Suriadi, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabag Hukum Sekda, Kabid Olahraga Disparpora, anggota Pansus I dan II, serta undangan dari OPD, organisasi vertikal dan masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *