Habitat Tergerus, Orang Utan Kelaparan Rusak Pohon Kelapa Warga Penjalaan

  • Bagikan
Orang Utan
Orang utan yang masuk ke kebun kelapa warga. (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Dua individu orang utan masuk ke perkebunan kelapa milik warga di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Ratusan pohon rusak akibat orang utan yang diduga kelaparan dan mencari makan di luar habitatnya itu.

Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Simpang Keramat, Desa Penjalaan, Anwar menjelaskan, kedua orang utan ini sudah mulai memasuki perkebunan milik warga sejak sebulan terakhir.

Peristiwa ini sudah dilaporkan ke pihak BKSDA, IAR, Yayasan Palung dan pihak terkait untuk menindaklanjuti keberadaan orang utan ini. Sehingga bisa mengantisipasi konflik dengan masyarakat sekitar.

“Kita ini berbatasan dengan Taman Nasional. Karena berbatasan, hutan, pohon pohon besar sudah tidak ada, makan tidak ada. Makanya mereka mulai ke perkebunan kelapa warga, ada 300 sampai 400 batang kelapa rusak. Ini sudah kita laporkan, mungkin hari minggu mulai dievakuasi,” terang Anwar melalui sambungan telepon, Jumat (30/4/2021).

Anwar menyebutkan, pihaknya sendiri sudah belasan hari melakukan monitoring pergerakan orang utan sejak mendapatkan laporan warga. Saat ini evakuasi sedikit lamban karena salah satu tempat penangkaran sementara di Ketapang sudah penuh. Sehingga pihak terkait harus melakukan survei habibat baru bagi orang utan yang akan dievakuasi tersebut.

“Kita ada laporan dari masyarakat jadi makanya saya turun, kita hanya monitor saja. Sekarang izin penangkapan (evakuasi) agak sulit. Di Ketapang sudah penuh untuk ditampung. Kita rencananya pelepasan di Sungai Kubang,” tutur Anwar.

Saat ini, kondisi orang utan dalam kondisi sehat. Namun, salah satu individu orang terpantau sedikit ganas. Bahkan dalam sehari mampu menghabiskan 10 sampai 15 batang kelapa milik warga.

“Sekarang ini ada dua orang utan, cuma satunya yang ganas, yang makan pohon kelapa sehari 10 sampai 15 batang. Kondisi orang utan sehat saat ini,” tandasnya. (Fauzi)

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: