Suriansyah Ingatkan Perusahaan Bayar THR Tepat Waktu

Suriansyah
Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah mengingatkan perusahaan agar segera menunaikan kewajibannya membayar Tunjangan Hari Raya (THR). Ia pun meminta pemerintah mengawasi agar hak pekerja tertunaikan.

“Perusahaan yang mempekerjakan karyawan harus membayarkan THR tepat waktunya. Apalagi pemerintah telah menetapkan minimal satu minggu sebelum hari raya,” kata Suriansyah kepada Insidepontianak.com, Jumat (30/4/2021).

Bacaan Lainnya

Legislator Partai Gerindra ini berpendapat, THR merupakan hak pekerja yang diatur dalam Undang-Undang. Mereka, sangat menanti turunnya THR. Sebab, kebutuhan jelang hari raya sangat besar.

“Untuk itu pembayarannya diharapkan tepat waktu. Jangan sampai mepet,” kata dia.

Meski di masa pandemi yang menyebabkan ekonomi dan hasil usaha menurun, perusahaan tetap harus memenuhi kewajibannya kepada pekerja. Bahkan, bagi perusahan yang baik, jauh hari telah dianggarkan.

“Perusahan tetap harus berusaha memenuhi kewajiban membayar THR. Bagaimana pun perusahaan bisa tumbuh dan berkembang karena mempekerjakan karyawan,” terangnya.

Guna meringankan beban perusahaan, Suriansyah menyarankan agar pembayaran THR dilakukan dengan skema sesuai dengan hari raya masing-masing pekerja.

“Misalnya saat Idulfitri yang Islam didahulukan. Sementara yang beragama lain ditunda saat hari keagamaan masing-masing,” terangnya.

Di sisi lain, dia juga minta
Disnaker melakukan pengawasan dengan meminta laporan perusahaan maupun serikat pekerja. Apabila beberapa perusahaan mengalami kesulitan dana. Disnaker diminta berkoordinasi dengan perusahan guna mencari solusi.

“Misalnya dengan memberikan bantuan dana. Atau dana talangan agar perusahaan bisa membayar kewajiban atau memberi rekomendasi kepada perbankan agar membantu pinjaman khusus agar bisa membayar THR,” pungkasnya. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *