Harga Bahan Pokok di Pontianak Stabil Jelang Idulfitri

Wali Kota Edi Rusdi Kamtono saat mengecek harga kebutuhan pokok. (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyebutkan kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri masih terkendali dan dalam taraf wajar.

“Seperti harga ayam dari Rp23 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu per kilogram. Kemudian daging sapi segar Rp125 ribu hingga Rp130 ribu per kilogram,” ungkapnya, usai membagikan masker gratis di Pasar Flamboyan, Sabtu (1/5/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Sementara, harga daging sapi beku Rp90 ribu per kilogram. Sedangkan komoditas cabai yang sempat mengalami kenaikan harga beberapa waktu lalu, sekarang mulai berangsur turun berkisar Rp65 ribu per kilogram hingga Rp45 ribu kilogram.

Dia memastikan untuk stok bahan pangan menjelang perayaan Idulfitri sangat mencukupi.

“Mudah-mudahan dengan harga yang terkendali masyarakat akan semakin lebih nyaman dan semangat untuk merayakan Ramadan dan Idulfitri,” ungkap Edi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Junaidi menjelaskan, pantauan pihaknya di pasar-pasar tradisional, harga kebutuhan pokok saat ini masih terbilang normal. Bahkan menjelang Idulfitri biasanya terjadi kenaikan harga, justru kondisi sekarang ini masih dalam batas wajar.

“Untuk stok pangan dipastikan tersedia cukup hingga menjelang Idulfitri,” katanya.

Sebelumnya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pontianak telah menggelar rapat koordinasi High Level Meeting untuk membahas langkah antisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga jelang bulan Ramadan maupun Idulfitri.

TPID juga telah melakukan monitoring harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional serta ketersediaan stok di tingkat distributor. Formulasi kebijakan juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok di luar dugaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *