Operasional Speedboat dan Kapal Penumpang di Kapuas Besar Dihentikan Mulai 6 Mei

Perjalanan speedboat rute Sukadana-Pontianak. (Fauzi/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak, Utin Srilena Chandramidi memastikan operasional speedboat dan kapal penumpang tujuan sejumlah daerah di dermaga Kapuas Besar, akan dihentikan sejak diberlakukan pengetatan 6 Mei 2021. Selama kebijakan itu, Dishub hanya mengizinkan kapal angkutan barang yang beroperasi.

“Hanya angkutan barang melalui sungai yang boleh operasional. Untuk penumpang dilarang,” tegas Utin Srilena Chandramidi kepada Insidepontianak.com, Selasa (4/5/2021).

Bacaan Lainnya

Penghentian itu, merupakan langkah Pemkot Pontianak mengantisipasi arus mudik. Sebab, dikhawatirkan memperparah kondisi pandemi di Kalbar. Dishub juga akan menyiagakan petugas. Mereka akan bersiaga memantau dermaga Kapuas Besar.

“Apabila didapati calon pemudik menaiki kapal barang maka akan disuruh pulang,” tegasnya.

Selain jalur air, pengetatan juga dilakukan di jalur darat. Khusunya di batas Kota Pontianak dan Mempawah di Batulayang.

“Apabila ditemukan masyarakat yang akan keluar dari Kota Pontianak akan diminta kembali ke rumah masing-masing. Karena situasi yang memang melarang keluar,” terangnya.

Selama pemberlakuan kebijakan ini, warga yang bermukim di Kota Pontianak tidak boleh keluar sementara waktu.

Kendati demikian, Pemkot tetap memberi toleransi kepada masyarakat dengan kondisi tertentu. Misalnya saja terdapat anggota keluarga yang sakit dan meninggal dunia. Mereka diizinkan keluar asal menyertakan dokumen Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang dikeluarkan lurah. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *