Siapkan 700 Kamar, Gubernur Sutarmidji: Yang Ngeyel Mudik Dikarantina

Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memastikan mudik tahun ini dilarang. Bagi masyarakat yang ngeyel dia mengancam akan melakukan karantina. 700 kamar karantina sudah disiapkan bagi orang yang nekat mudik lebaran Idulfitri.

“Mudik tetap dilarang. Kalau masih ngotot dan tertangkap melanggar aturan dan (tidak menerapkan) prokes langsung kita karantina selama 14 hari,” tegas Sutarmidji, Senin kemarin.

Bacaan Lainnya

Karena itu, dia meminta masyarakat patuhi aturan larangan mudik. Disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, kondisi penularan Covid-19 di Kalbar dalam bulan ini meningkat drastis. Terjadi kenaikan kasus baru hingga 50 persen.

“Saya benar-benar tidak sekedar menakuti. Kondisi Kalbar dibandingkan satu bulan lalu mengalami peningkatakan dua kali lipat untuk kasus meninggal. Biasanya angka positif kurang lebih 500. Tapi sekarang hampir 1000. Artinya kasus sembuh makin lama,” katanya.

Begitu juga pasien yang diisolasi di rumah sakit. Yang semula telah mengalami pernurunan hingga 20 persen, sekarang naik menjadi 57 persen. Gubernur Sutarmidji menyebut, Kalbar memiliki banyak kluster penularan Covid-19 baru. Kluster yang membahayakan adalah kluster perkawinan di basecamp Sawit Kabupaten Sekadau.

“Korban meninggal sudah empat orang. Harus hati-hati. Bisa jadi, ini jenis virus yang membahayakan,” ucapnya.

Untuk itu, dia meminta Pemda setempat terus gencar melakukan tracing dan testing dengan rapid antigen maupun Swab PCR. Agar penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sekadau bisa dipetakan. Sehingga bisa cepat dilakukan pengendalian dan pencegahan penularan ke banyak orang. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *