Sidak ke Pasar, Bupati Karolin Temukan Beberapa Bahan Pangan Alami Kenaikan Harga

Bupati Karolin
SIDAK - Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa gelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar rakyat  Landak, guna mengecek harga dan ketersediaan stok pangan, jelang perayaan Idul Fitri, Senin (3/5/2021). (Prokopim Pemkab Landak).

LANDAK, insidepontianak.com – Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa menyebut, sejumlah komuditas bahan pokok di Kabupaten Landak mulai alami kenaikan harga jelang perayaan hari raya Idulfitri.

Hal itu diketahuinya usai melakukan insipeksi mendadak (Sidak) di beberapa pusat perbelanjaan, seperti pasar rakyat, swalayan, hingga ke toko sembako, secara langsung bersama Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro, Senin (3/5/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun jenis komudias sembako yang mulai alami kenaikan harga yaitu, ayam potong berkisar Rp 38.000 per kilogram, daging sapi Rp150 ribu per kilogram, gula pasir Rp12.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp15.000 per kilogram, bawang merah Rp33.000 per kilogram, bawang putih Rp26.000 per kilogram, telur ayam Rp1.900 per butir, tomat Rp8.000 per kilogram dan kentang Rp16.000 per kilogram.

Atas kenaikan harga itu, Bupati Karolin memastikan pihaknya melalui dinas Perdagangan akan segera melakukan pengendalian pasar. Agar terjadi stabilitas harga dan ketersediaan stok jelang hari raya Idul Fitri yang tinggal sepekan.

“Sejauh pemantauan kami ketersediaan stok pangan masih aman. Hanya saja ada kenaikan harga. Tapi masih dalam batas kewajaran. Kenaikan beberapa komuditas pangan masih di kisaran Rp1.000 dan maksimal Rp. 5.000 saja. Tapi kami terus monitor, sampai pada hari raya,” jelas Karolin.

Di lain hal, Bupati Karolin memuji masyarakat dan pedangang di Kabupaten Landak yang relatif patuh terhadap pendisiplinan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, beberapa pusat perbelanjaan yang ia pantau cendrung tidak terjadi kerumunan.

“Yang kita lihat sampai dengan saat ini, kondisi kerumunan masih terkendali. Harapan kita situasi ini dapat kita jaga sampai hari raya Idulfitri nanti. Dan kami juga sudah sampaikan kepada pelaku usaha agar memperhatikan protokol kesehatan,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *