Wujudkan Bengkayang Sehat, Darwis Minta Masyarakat Tak BAB Sembarangan

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis.
Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis. (Baruna/Insidepontianak.com)

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis meminta warga di Kecamatan Teriak, khususnya Desa Tanjung untuk menjaga lingkungan yang sehat dengan tidak lagi Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Hal tersebut sejalan dengan Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF), di Desa Tanjung, Selasa (4/5/2021).

Bacaan Lainnya

“BABS adalah termasuk salah satu perilaku yang tidak sehat,” kata Darwis, Rabu (5/4/2021).

Pencanangan ODF ini, disertai dengan penyediaan infrastruktur, misalnya MCK, jamban sehat dan lainnya. Lebih penting lagi, masyarakat agar menumbuhkan kesadaran untuk berperilaku hidup sehat.

“Jangan sampai karena pola hidup yang tidak sehat dan lingkungan yang kotor, akan membawa sumber penyakit ke depan,” katanya.

BABS adalah tindakan membuang kotoran atau tinja sembarangan seperti di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka. Hal ini tentu dapat menyebarkan kuman dan bakteri dan lingkungan terkontaminasi oleh kotoran tersebut.

Darwis menyebutkan, Desa ODF bertujuan mengedukasi masyarakat agar mempunyai MCK atau jamban yang sehat sesuai aturan yang berlaku.

“Saya berharap masyarakat memahami dan mencontoh desa yang sudah ODF duluan,” terangnya.

“Kita harapkan, masyarakat menjaga kebersihan dan kesehatan, agar tidak ada penyakit yang timbul nantinya,” tutupnya. (Baruna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *