Polres Ketapang Aktifkan Penyekatan Jalur Mudik

AKBP Wuryantono
Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono. (Fauzi/Insidepontianak.com).

KETAPANG, insidepontianak.com – Kapolres Ketapang, AKBP Wuryantono menyampaikan, jajaranya bersama Pemerintah Kabupaten Ketapang telah membuat pos penyekatan jalan di setiap batas Kabupaten, termasuk batas Ketapang-Kalteng. Pos itu dibentuk bertujuan untuk mencegah mudik bagi warga yang datang dari luar kabupaten, maupun provinsi, maupun warga lokal yang akan mudik ke luar daerah.

“Posko-posko penyekatan antara wilayah Kabupaten Ketapang dengan Kalteng maupun Kabupaten Ketapang dengan Kabupaten lain, seperti Matan Hilir Utara, Simpang Hulu, Tumbang Titi dan Manis Mata, sudah kami bentuk,” terang AKBP Wuryantono, Selasa (4/5/2021).

Bacaan Lainnya

Penyekatan tersebut mulai diberlakukan hari ini, 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Kebijakan peniadaan mudik Idulfitri bagi warga luar Kabupaten Ketapang terpaksa dilakukan demi mencegah penularan Covid-19. Karena itu, Wuryantono minta kepada masyarakat untuk tetap menjalankan aturan larangan mudik sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, karena diketahui bersama Kabupaten Ketapang masih masuk dalam zona oranye,” ujarnya.

Wuryantono menjelaskan, sesuai aturan Satgas Covid-19, pengawasan mudik oleh petugas di tiap-tiap penyekatan yang telah dibentuk, akan memeriksa setiap warga yang akan datang maupun keluar. Warga bisa diizinkan keluar masuk, tapi harus memenuhi syarat berupa surat keterangan yang ditandatangani oleh pemerintah daerah setempat.

“Kemudian harus ada persyaratan kesehatan berupa test negatif rapid antigen maupun PCR,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *