Cegah Penyebaran Covid-19, Masyarakat Desa Cipta Karya Gelar Ritual Adat Besamsam

  • Bagikan
RITUAL - Masyarakat Desa Suka Cipta, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang gelar Ritual Besamsam, sejak Jumat pukul 18.00 Wib hingga Sabtu pukul 15.00 Wib. Guna membersihkan Desa dari malabahaya dan mencegah penyebaran Covid-19, Jumat (7/5/2021). (Inside Pontianak/Baruna)

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Masyarakat Desa Cipta Karya Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang kembali menggelar ritual Besamsam setiap tahunnya. Ritual ini bertujuan untuk membersihkan kampung dari bala bahaya. (7/5/2021).

Kepala Desa Cipta Karya, Benyamin Kalvin menyampaikan, ritual Besamsam ini pula disinergikan dengan dukungan pihak Pemerintah Daerah dalam mendukung program Pemerintah yaitu PPKM, dan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di desanya.

banner 336x280

“Berhubung acara tahunan kita bertepatan dengan PPKM, kita dukung hal tersebut, demi membersihkan desa dari marabahaya,” kata Benyamin Kalvin.

Benyamin, mengatakan pelaksanaan ritual Besamsam ini dilaksanakan mulai hari ini sejak pukul 18.00 hingga Sabtu pukul 15.00 WIB besok.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Ritual Besamsam ini, dilakukan setiap tahunnya bagi masyarakat Dayak, terkhusus Dayak Bekatik di Sungai Betung. Dan Ritual ini juga merupakan rangkaian dari upacara Gawai Dayak, sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Dalam Ritual Besamsam ini pula, masyarakat Desa Cipta Karya melakukan tutup kampung, akses untuk masuk ke desa tersebut akan ditutup, dan selama Besamsam berlangsung akan ada larangan untuk masyarakat berkunjung satu sama lain.

“Artinya, masyarakat dari luar kota tidak boleh masuk, selama ritual berlangsung. Apabila ada yang melanggar, akan dikenakan sanksi adat yang telah ditentukan,” kata Benyamin Kalvin.

Ia juga memastikan, selama ritual berlangsung, di pembatas desa akan ada petugas yang menjaga dan memantau pendatang yang hendak masuk.

“Kita harap ritual ini berjalan sesuai harapan kita bersama dan pelaksanaan PPKM mikro serta pencegahan covid-19 dapat terealisasi dengan baik,” tutupnya. (Baruna)

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: