Dishub KKU Ancam Cabut Izin Berlayar Transportasi Air Angkut Penumpang Mudik

  • Bagikan
Pemeriksaan penumpang kapal. (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com –Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara, mengancam memberikan sanksi tegas terhadap angkutan air yang masih beroperasi membawa penumpang mudik lebaran.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Kayong Utara, Erwan Wahyu Hidayat menyebutkan tak segan mencabut izin operasional transportasi itu jika nekat melanggar aturan pelarangan mudik mulai tanggal 6-17 Mei 2021.

banner 336x280

“Sesuai aturan memang angkutan penumpang dilarang beroperasi pada tanggal 6-17 Mei 2021. Jika ternyata ada yang tetap nekat jalan, dari sisi administrasi Dishub KKU tidak akan menerbitkan Surat Izin Berlayar (SIB),” terang Erwan Wahyu Hidayat, Jumat (7/5/2021).

Mengantisipasi pelaku usaha angkutan air bandel dan warga yang ingin mudik, Dishub bersama instansi terkait melakukan penjagaan di beberapa pintu masuk Kabupaten Kayong Utara dan dermaga-dermaga kapal yang biasa digunakan untuk menurunkan atau menaikkan penumpang.

“Kalau speedboat dapat info semalam gak jalan. Cuman kelotok dan fery tetap jalan, tapi seharusnya sih untuk kepentingan logistik atau barang, dan penumpang harusnya ndak boleh. Cuma mereka curi-curi sepertinya atau dengan alasan juga membawa logistik,” kata Erwan.

Sementara itu, berdasarkan informasi tertulis dari Dinas Perhubungan Kalbar, angkutan sungai dan penyeberangan, khususnya logistik tetap melakukan aktivitas pada periode peniadaan mudik 6-17 Mei 2021.

“Demi menjamin kelancaran ketersediaan logistik khususnya bahan pokok di Kayong Utara,” tandasnya. (Fauzi)

Komentar
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: