Antisipasi Mudik, Polisi Siagakan 26 Pos Penyekatan Mudik di Kalbar

Bupati KKU Citra Duani
Bupati KKU Citra Duani saat meninjau pos penyekatan di Siduk. (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dirlantas Polda Kalbar, Kombes Pol. Agus Dwi Hermawan memastikan, pihaknya menyiagakan 26 pos penyekatan mudik yang tersebar di Kabupaten dan Kota di Kalbar. Guna menekan angka kasus Covid-19, ia engimbau larangan mudik pemerintah dapat diikuti.

“Kita menyiapkan 26 pos penyekatan di Kabupaten dan Kota di Kalbar. Kita berharap masyarakat tidak mudik,” kata Kombes Pol Agus Dwi Hermawan dalam acara Inside Talk, Senin (10/5/2021) sore. Kegiatan itu mengusung tema “Kesiapan Pemerintah Menerapkan Larangan Mudik’ dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Syarif Amin Muhammad, Kepala Dinas Perhubungan Ignasius, dan Kepala Diskominfo Kalbar, Samuel.

Bacaan Lainnya

Sesuai amanat Undang-Undang, Polri bertindak sebagi pelindung dan pengayom masyarakat. Untuk itulah, larangan mudik didukung dengan menerjunkan 850 personel Polda dibantu stake holder terkait dari TNI dan instansi terkait guna mendisiplinkan masyarakat.

“Dalam bertindak di lapangan dilakukan dengan humanis. Pengendara diperiksa identitas kendaraan dan dilakukan pemeriksaan suhu badan,” terangnya.

Untuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar di Entikong Jogoi Babang, Aruk dan Badau. Polisi telah berkordinasi dengan TNI. Sejak sepekan terakhir, penyekatan pun dilakukan. Bagi PMI yang masuk langsung diisolasi dan diskrening.

“Baru diantar sampai tujuan kalau hasilnya tidak reaktif,” terangnya.

Selain itu, larangan mudik juga sudah digaungkan di media sosial melalui Satlantas masing-masing daerah. Masyarakat diharapkan mengikuti agar menekan laju Covid-19.

“Tunda mudik, demi keselamatan bersama,” pungkasnya (Andi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *