Heboh Data Penduduk Indonesia Bocor, Ini Cara Periksanya

  • Bagikan
Ilustrasi. (Net)

JAKARTA, insidepontianak.com – Kejadian kebocoran dan penjualan data di internet, terus terjadi. Kejahatan itu sudah merambah di sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia.

Teranyar, bocornya data anggota BPJS Kesehatan belum lama ini. Parahnya data-data itu dijual di forum peretas dan untuk meyakinkan calon pembeli sang pelaku juga membuka data sampel sebanyak 1 juta secara gratis.

Berikut ini, ada empat laman yang membuka layanan untuk mengecek apakah data kita sudah terbuka dan dicuri pihak lain:

Have I Been Pwned?

Situs ini dapat mengecek apakah kamu jadi korban salah satu kejadian kebocoran data dari berbagai aplikasi. Caranya tinggal masuk ke laman haveibeenpwned.com.

Lalu masuk nomor telepon atau email pada kolom di tengah dan klik pwned?. Jika data kamu bocor maka akan terlihat daftar aplikasi mana saja tempat data kamu bocor.

Akan tersedia kejadian kebocoran data serta data apa saja yang didapatkan.

Selain itu laman ini juga menyediakan tips untuk kamu bisa lebih aman di dunia maya.

Avast

Avast juga menyediakan layanan yang sama melalui laman avast.com. Tinggal masukkan alamat email pada kolom yang disediakan dan klik check now.

Jika ada data yang bocor maka akan ada pesan yang masuk ke inbox email. Di sana tertera dimana kebocoran data terjadi dan bisa juga melihat detail kejadian.

Firefox Monitor

Di sini juga dapat mengecek kebocoran data. Pihak Firefox menuliskan dapat mencari alamat email yang tersangkut kebocoran data publik sejak 2007 lalu.

Untuk mengeceknya masukkan alamat email. Lalu akan terlihat dimana saja kebocoran dan data apa saja yang berhasil diambil dari kejadian itu.

Selain itu Firefox juga memberikan tips agar informasi kamu tetap aman di ruang digital.

Periksa Data

Di laman periksadata.com juga bisa melakukan pengecekan yang sama. Hanya memasukkan alamat email lalu seluruh data yang ikut bocor dalam beberapa kejadian terkait akan keluar sebagai hasilnya.

Ada juga informasi total seluruh data yang bocor dalam kejadian itu.

Situs ini juga memberikan tips apa yang harus dilakukan jika telah menjadi korban kebocoran data. (cnbc/cnn/tik)

 

 

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: