Nelayan Sambas Tangkap Tenggiri Jumbo Seukuran Orang Dewasa

Petugas pendata ikan di PPN Pemangkat mengukur dan menimbang ikan tenggiri jumbo yang ditangkap nelayan. (Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com – Nelayan di Pemangkat Kabupaten Sambas, berhasil mendaratkan ikan tenggiri berukuran jumbo. Beratnya mencapai 56 kilogram.

Humas Pelabuhan Perikanan Pemangkat, Takbir mengutarakan, keberhasilan nelayan mendaratkan ikan berukuran jumbo itu bukan yang pertama kali, khususnya di Pemangkat. Sebelumnya ikan jenis layaran dengan berat setara juga pernah didaratkan.

“Sepekan lalu, nelayan kapal KM Usaha Jaya 9 berhasil mendaratkan ikan tenggiri denganberat 56,23 kilogram. Ikan ini tingginya lebih dari ukuran manusia dewasa. Ini bukti program menenggelamkan kapal oleh menteri Susi dulu, yang dilanjutkan menteri sekarang berdampak pada nelayan,” kata pria yang akrab disapa Daeng Fals, Kamis (27/5/2021).

Daeng mengatakan, satu ekor ikan dengan berat lebih dari setengah kuintal tersebut ditangkap dengan alat jenis purse seine, sebuah alat tangkap yang menjebak ikan dengan melingkarkan jaring di gerombolan ikan di laut.

“Saat ini jumlah pencuri ikan di sekitar laut Natuna sudah jarang ditemui. Bukan tak ada, tapi tak sebanyak dulu. Program menenggelamkan kapal pencuri ikan ternyata berhasil membuat para kapal nakal dari negara asing segan,” katanya. (Yak)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *