Pemkab Ketapang Ikuti Upacara Hari Pancasila Secara Virtual

Peringatan Hari Lahir Pancasila
Pejabat Pemerintah Kabupaten Ketapang, beserta Forkopimda mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual, yang dipimpim langsung Presiden Joko Widodo, Selasa (01/06/2021). (Humpro Pemkab Ketapang).

KETAPANG, insdepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat beserta Forkopimda mengikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual, Selasa (1/06/2021).

Upacara Hari Lahir Pancasila ini berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dengan tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Maju.” Dan Presiden RI, Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Adapun dari Pemkab Ketapang sendiri, yang hadir mengikuti upacara, di antaranya, Pj Sekda Suherman, Asisten Sekda Bidang Ekbangkesra, Marwan Noor, staf ahli bupati bidang pemerintahan, hukum dan politik, Nugroho W. Sistanto, staf ahli bupati bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia, Husnan.

Pidato, Presiden mengatakan, Hari Lahir Pancasila menjadi momentum nilai-nilai Pancasila bisa berdiri kokoh dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal itu ditekankan oleh Presiden, karena ke depan, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak mudah. Misalnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa saja mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Apalagi konektivitas 4G melanda dunia, maka interaksi antara dunia juga akan semakin mudah dan cepat.

Nah, kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal bisa saja merambat ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, hingga seluruh usia dengan tidak mengenal lokasi dan waktu.

“Untuk itu, masyarakat diminta mewaspadai pandangan atau ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengajak masyarakat dan seluruh aparat kepemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu-padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden. (Humpro Pemkab Ketapang).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *