Akses Layanan Vaksinasi Lansia dan Penyandang Disabilitas Diminta Dipermudah

Harisson
Kadinkes Provinsi Kalbar, Harisson. (Baguna/Insidepontianak.com).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Barat, Harisson meminta Dinkes Kabupaten dan Kota memberi prioritas dan kemudahan akses layanan vaksinasi kepada orang lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas.

Ia juga mendorong penyuntikan vaksinasi diberikan kepada relawan yang membawa lansia atau penyanang disabilisa ke fasilitas kesehatan. Syaratnya relawan itu harus berusia 18 tahun dan membawa dua orang lansia untuk divaksin.

Bacaan Lainnya

“Pemberian vaksin kepada relawan dapat dilakukan dengan skema satu banding dua. Satu orang dapat divaksin jika membawa minimal dua orang lansia,” kata Harisson, Sabtu (5/6/2021).

Mantan Kadinkes Kapuas Hulu ini meminta, Dinkes Kabupaten dan Kota mendekatkan pelayanan kepada lansia dan penyandang disabilitas agar target vakniasi bisa tercapai. Salah satu caranya, dengan melaksanakan vaksinasi di Pusat Layanan Terpadu (Posyandu), Poswindo, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

“Para lansia dan penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan. Tidak terbatas di alamat domisili KTP,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *