75 Persen Tempat Tidur Pasien Covid-19 Terisi, Gubernur Minta Warga Patuhi Prokes

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. (Andi/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengajak semua pihak mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Sebab, kasus infeksi semakin meningkat. Tambahan kasus baru per hari di Kalbar kini rata-rata capai 100 orang.

Begitupun angka kematian akibat virus corona. Sejak tiga bulan terakhir ini, alami lonjakan. Saat ini kata Sutarmidji, keterisian tempat tidur pasien khusus Covid-19 di rumah sakit rujukan di Kalbar sudah capai 75 persen.

Bacaan Lainnya

“Saya sekedar mengigatkan, kalau anda sayang dengan orang tua dan keluarga, patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, jaga kebugaran, dan jangan keluar rumah jika tak perlu,” pesan Sutarmidji, dalam akun fanspage facebooknya, Sabtu (5/6/2021).

Dia pun meminta masyarakat proaktif memeriksakan kesehatan di masa pandemi ini. Bila merasa ada gejala terjangkit Covid-19, segera datang ke fasilitas kesehatan untuk periksa swab. Agar penanganan bisa segera dilakukan.

Pemeriksaan swab Covid-19 sudah bisa didapatkan di Puskesmas masing-masing. Jangan sampai, ketertularan tersebut ditangani saat kondisi sudah parah.

“Kebanyakan pasien Covid-19 ke rumah sakit setelah parah. Padahal pengobatannya gratis,” ucapnya.

Sementara itu, data Satgas Covid-19 Kalbar, per 5 Juni 2021 mencatat, ada 124 kasus Covid-19 tambahan baru di Kalbar. 14 di antaranya dirawat di sejumlah rumah sakit.

Adapun rincian tambahan kasus baru itu tersebar di Pontianak 20 kasus, Bengkayang 18 kasus, Kapuas Hulu satu kasus, Melawi 14 kasus, Kubu Raya 10 kasus, Landak 21 kasus, Mempawah empat kasus, Sambas tujuh kasus, Singkawang dua kasus, Kayong Utara 21 kasus, Sanggau lima kasus, dan luar wilayah satu kasus. Di sisi lain, per 5 Juli 2021, Dinkes Kalbar juga melaporkan 107 kasus konfirmasi Covid-19 dinyatakan sembuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *