Air PDAM Cabang Tebas Keruh, Arpandi: Dampak Proyek di Danau Sebedang

Pembuatan Barau di Sekitar Intake PDAM Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas
Aktivitas pengerukan dan pembuatan barau di sekitar intake PDAM Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas, di Danau Sebedang. Pembangunan itu berdampak pada air PDAM di Tebas keruh. (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com – Pelanggan PDAM Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas, cabang Kecamatan Tebas mesti bersabar, selama kurang lebih dua bulan. Pasalnya air yang dialirkan sedikit keruh akibat dampak adanya aktivitas proyek Danau Sebedang.

Direktur PDAM Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas, Arpandi kepada insidepontianak.com mengatakan, aktivitas proyek itu sudah berlangsung beberapa waktu. Pemerintah melakukan pengerukan dan pembuatan barau di Danau Sebedang.

Bacaan Lainnya

Diapun meminta pelanggan bersabar dan sedikit maklum dengan kondisi air yang diterima karena sumber air baku yang keruh dampak dari aktivitas pembangunan di Danau Sebedang. Kendati demikian, pihaknya tetap berusaha maksimal agar kekeruhan itu tidak dirasakan terus menerus.

“Kami beritahukan kepada pelanggan PDAM Tirta Muare Ulakan agar bersabar dan maklum. Jika air yang dialirkan sedikit keruh dan kotor karena sumber air baku di Danau Sebedang terkena dampak pengerukan dan pembuatan barau menggunakan alat berat,” katanya.

Arpan menjelaskan, salah satu upaya PDAM Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas untuk meminimalisir kekeruhan adalah menambah konsentrasi bahan kimia, serta mengatur jam pompa menyesuaikan aktivitas proyek di Danau Sebedang.

“Selama dua bulan ke depan mungkin pelanggan khususnya dari arah Sempalai Tebas sampai ke sebagian wilayah Sebawi akan menemukan air PDAM keruh. Kami sudah berusaha meminimalisir dampak pengerukan di Danau Sebedang dengan menambah konsentrasi bahan kimia serta mengatur jam pompa,” bebernya.

Beberapa waktu lalu kata Arpandi, aktivitas pengerukan sangat dekat dengan intake PDAM, sehingga air yang dialirkan keruh dan beberapa pelanggan yang belum tahu adanya aktivitas proyek di Danau Sebedang mengeluh ke PDAM Cabang Tebas.

“Konsentrasi bahan kimia yang ada di Instalasi Pengolahan Air (IPA) kami di PDAM Cabang Tebas sudah kami tambah. Jam pompa distribusi air ke masyarakat juga di sesuaikan. Sebenarnya pengerukan dan pembuatan barau ini juga besar manfaatnya untuk pelanggan nantinya. Jadi mereka harus sabar sebentar,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *