Kesaksian Dokter Timnas Denmark Selamatkan Eriksen Pingsan di Laga Euro

Para Pemain Timbas Denmark Melakukan Brikade
Christian Eriksen sempat pingsan di duel Denmark vs Finlandia namun berhasil melalui masa darurat. (AP/Friedemann Vogel).

JAKARTA, insidepontianak.com – Dokter Timnas Denmark Morten Boesen menjalani duel sengit di Euro 2020 (Euro 2021) ketika ia berjuang menyelamatkan nyawa Christian Eriksen yang pingsan di lapangan.

Ketika Eriksen jatuh pingsan tanpa kontak dengan pemain lain, Boesen menyadari bahwa, ada hal darurat dan tiap detik berikutnya menjadi sangat berharga.

Bacaan Lainnya

“Dia bernapas dan saya bisa merasakan denyut nadinya. Namun tiba-tiba semuanya berubah. Seperti yang dilihat oleh semua orang, kami mulai melakukan CPR,” ucap Boesen dikutip dari AP dan dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (13/6/2021).

Dalam penanganan darurat itu, 10 menit berikutnya adalah hal paling menakutkan dalam sejarah sepak bola di Piala Eropa. Tim medis terus melakukan CPR saat rekan setim Eriksen membentuk barikade sambil berusaha menahan haru.

“Kami akhirnya bisa merasakan [denyut nadi] Christian kembali. Dan dia berbicara pada kami sebelum dibawa ke rumah sakit,” tutur Boesen.

Insiden Eriksen pingsan di lapangan membuat laga Denmark vs Finlandia sempat dihentikan. Setelah kondisi Eriksen dipastikan aman dan lepas dari kondisi darurat di rumah sakit, laga akhirnya dipastikan berjalan kembali.

Dalam rapat darurat yang digelar di tengah pertandingan, Denmark sempat diberikan opsi untuk melanjutkan pertandingan yaitu tetap di Sabtu (12/6) waktu setempat atau Minggu (13/6) siang.

“Tentu saja kami sulit bermain dengan perasaan yang ada. Apa yang berusaha kami tunjukkan dan lakukan sangat luar biasa. Sungguh luar biasa para pemain bisa tetap keluar lapangan dan kembali bermain.”

“Pemain tidak bisa membayangkan melalui malam tanpa bisa tidur lalu harus bersiap untuk laga esok [andai memilih main di Minggu siang], naik bus dan kembali bermain sepak bola. Sejujurnya, ini adalah opsi terbaik untuk melaluinya,” ucap pelatih Denmark Kasper Hjulmand.

Denmark sendiri akhirnya kalah 0-1 dari Finlandia di pengujung pertandingan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *