Ketapang Lolos Dua Nominasi Anugrah Pesona Indonesia 2021

Bukit Kuri Ketapang
MASUK - Destinasi Petualangan Bukit Kuri di Desa Sinar Kuri, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021. (Ist).

KETAPANG, Insidepontianak.com – Kabupaten Ketapang losos dua kategori nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021. Kedua nominasi tersebut di antaranya Jelajah Rimba Bukit Kuri serta Promosi Pariwisata Digital dengan aplikasi Yum ke Ketapang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang, Yulianus mengatakan, Kementerian Pariwisata memberikan kesempatan bagi daerah pemilik destinasi wisata untuk melakukan promosi sesuai kategori dan nominasi. Dan Ketapang menjadi salah satu daerah di Kalbar yang terpilih masuk nominasi API 2021 di kategori Olahraga Petualangan dan Promosi Pariwisata Digital.

Bacaan Lainnya

“Untuk di Kalbar ada tiga Kabupaten yang masuk nominasi API 2021, Kabupaten Ketapang dapat dua  nominasi. Yaitu, kategori Olahraga dan Petualangan, beserta kategori Promosi Pariwisata Digital. kemudian Kabupaten Kubu Raya kategori Brand Pariwisata dan kategori Ekowisata serta Kabupaten Bengkayang dengan kategori Dataran Tinggi,” terangnya, Kamis (17/6/2021).

Yulianus turut gembira atas pencapaian itu. Sebab menurutnya, untuk masuk nominasi API bukan sesuatu yang mudah. Persaingannya sangat ketat. Bahkan, Kabupaten Ketapang semula mengajukan delapan objek wisata dalam seleksi nominasi API. Namun hanya dua yang dipilih.

“Namun setelah ada penilaian dari tim kementrian yang turun ke lokasi, ternyata hanya dua yang dinyatakan layak masuk nominasi, tentu ini harus kita syukuri,” katanya.

Kabupaten Ketapang nantinya akan bersaing dengan beberapa wilayah yang ada di Indonesia di nominasi olahraga dan petualangan tersebut. Pesaing-pesaing itu di antaranya, Kabupaten Sleman, Kabupaten Mandailing Natal, Kota Balikpapan, Kota Palembang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Baru, Kabupaten Kobar, Kabupaten Lembata, serta Provinsi Papua.

“Sedangkan kategori promosi pariwisata digital Ketapang akan bersaing dengan daerah seperti Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Pali, Kabupaten Bantul, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Lampung dan Provinsi Riau,” jelasnya.

Meski persaingan untuk menang sangat ketat, namun Yulianus optimis Ketapang bisa terpilih menjadi juara. Bukan tanpa alasan. Jelajah Bukit Kuri merupakan destinasi wisata olahraga dan petualangan yang menyimpan banyak pemandangan tak kalah indah dari destinasi yang ada di luar Kalbar.

“Penjelajahan hutan di Bukit Kuri sangat terjaga kealamiannya, di sana, juga ada penelusuran gua, dan yang paling populer adalah pendakian serta berkemah di puncak Bukit Kuri,” katanya.

Puncak Bukit Kuri yang menjulang tinggi tepat berada di sisi Jalan Transkalimantan. Pemandangannya sangat luar biasa. Siapapun yang menjejal petualangan di Bukit Kuri, pasti berdecak kagum dengan pesona alamnya.

“Paket ekowisata di Desa Sinar Kuri dikelola oleh Pokdarwis Anugerah Kuri Abadi yang menggunakan kegiatan wisata sebagai upaya kampanye dan aksi nyata menjaga hutan di desanya, agar tetap lestari dan memberikan kesejahteraan masyarakatnya,” jelasnya.

Sedangkan kategori promosi pariwisata digital melalui aplikasi Yum ke Ketapang, menjadi aplikasi terobosan yang memudahkan wisatawan dari luar Ketapang untuk mengakses dan mencari tau mengenai wisata-wisata yang ada di Ketapang.

“Dua nominasi ini memiliki keunggulan masing-masing. Kita berharap bisa keluar menjadi juara. Dan ini tentu perlu doa dan suport masyarakat Ketapang juga. Salah satunya ikut polling penilaian yang dibuka mulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2021,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *