Temui TR Tersangka Peretas Situs Mola TV, Bupati Citra: Dia Hanya Melanggar Hak Cipta

Bupati Citra
TEMUI - Bupati Kayong Utara, Citra Duani temui TR (22), warga Kayong Utara yang jadi tersangka kasus peretasan situs Mola TV di Polda Metro Jaya, Kamis (17/6/2021). (Ist).

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Bupati Kayong Utara, Citra Duani temui TR, pemuda Kayong Utara tersangka kasus peretas situs PT Global Media Visual alias Mola TV yang kini ditahan di Polda Metro Jaya, Kamis (17/6/2021).

Pemuda 22 tahun itu ditangkap Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di rumah orang tuanya, Kayong Utara, pada Selasa 8 Juni 2021. Pada kunjungan tersebut, Bupati Citra ingin memastikan bahwa warganya itu baik-baik saja selama satu pekan ditahan.

Bacaan Lainnya

Citra memastikan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan memberikan bantuan hukum kepada TR. Sebab, TR dianggap masih muda. Perjalanan hidupnya masih panjang. Dia perlu pembinaan. Agar kemampuannya di bidang teknologi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif. Menurut Citra, saat ini TR hanya disangkakan melakukan pelanggaran hak cipta.

“Dia hanya tersandung masalah hak cipta. Jadi disarankan pihak Polda Metro, dinasehati mediasi ke pihak Mola TV,” ucap Citra Duani, dikonfirmasi melalui telepon.

Citra menyebut, berdasarkan keterangan TR kepadanya, bahwa TR sudah enam bulan lalu mendapatkan penghasilan dari iklan yang diduga dari Mola TV. TR sendiri tidak mengetahui bahwa perbuatannya tersebut melanggar aturan hak cipta, dan tidak menyangka akan berurusan dengan hukum

“Dia tidak tahu kalau uang iklan yang masuk ke rekeningnya itu melanggar hukum (hak cipta). Tapi dia sangat kooperatif,” tutur Citra.

Citra pun menyatakan, jika persoalan hukum TR nanti selesai, maka dia akan mempekerjakan TR di salah satu instansi Pemerintah Daerah Kayong Utara, agar bakat yang dimilikinya tersalurkan untuk hal yang positif.

“Selesai urusannya, kalau memungkinkan, kita bisa meminta bantu tenaga honorer, ke Kominfo mungkin, agar kreativitas dia ini bisa disalurkan ke hal positif,” tutup Citra.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *