Dukung Budidaya Porang, Bupati Darwis Janji Bantu Petani Permudah Pinjaman Modal KUR

  • Bagikan
Bupati Darwis Tinjau Hasil Panen Porang Petani
TINJAU - Bupati Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis tinjau hasil panen porang petani di Desa Mayak, Kecamatan Seluas, Rabu (23/6/2021). (Baruna/Insidepontianak.com).

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Bengkayang mendukung Budidaya Tanaman Porang, di Desa Mayak, Kecamatan Seluas. Pasalnya, Daerah tersebut merupakan satu-satunya yang berhasil membudidayakan Porang di Kalbar.

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menyebutkan, hasil panen Porang di Desa Mayak sangat baik. Bahkan, dari seperempat hektar lahan yang digarap, petani bisa menghasilkan sepuluh ribu batang Porang.

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras petani, dan struktur tanah yang cocok serta memadai,” kata Bupati Darwis, disela-sela kunjugnnya melihat panen Porang di Desa Mayak, Rabu (23/6/2021).

Dia berharap, komoditas tanaman porang yang tergolong baru, akan terus dikembangkan oleh kelompok tani, dan juga akan menjadi salah satu andalan penghasilan setelah sawit dan karet. Darwsi mendorong, tanaman Poran di Desa Mayak bisa jadi perjontohan tenaman Porang di daerah lainnya.

Darwis pun menyampaikan, Pemkab Bengkayang ke depan akan memberikan dukungan pengembangan Porang, salah satunya mempermudah modal usaha kelompok tani melalui dana pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pemkab sangat mendukung, ke depan komoditas Porang ini, diharapkan dapat bersaing dengan komoditas lainnya dalam menyokong industri pangan di Kabupaten Bengkayang,” tutupnya.

Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: