Mancang dan Tradisi Gotong Royong di Pulau Kabung

Pulau Kabung
KABUNG - Pulau Kabung terlihat dari atas bagan. (Foto Muhlis Suhaeri)

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Pulau Kabung selain indah dan menawan, terkenal dengan tradisi gotong royong warganya dalam kehidupan sehari-hari. Tradisi itu disebut dengan mancang.

Pulau Kabung tak terlalu jauh dari Kota Singkawang. Ditempuh sekitar 45 menit dari Samudera Indah Kota Singkawang dengan naik motor air (klotok).

Bacaan Lainnya

Pulau Kabung memiliki pemandangan yang indah. Warna air laut biru berpadu dengan bebukitan dengan tanaman cengkeh dan pala. Pasir pantai putih. Air laut bening. Ikan dan terumbu karang terlihat jelas. Seolah menyapa mereka yang datang ke pulau.

Penduduknya sebagian besar nelayan dan petani cengkeh. Mereka ramah dan religius. Menyapa siapa saja yang datang ke pulau.

Secara geografis pulau Kabung berada di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Pulau Kabung di bagi 2 RW dan 4 RT yakni RT Utara, RT Timur, RT selatan, dan RT Barat.

Menurut tokoh masyarakat di Pulau Kabung, Pardi bahwa asal usul nama Kabung berasal dari kata gabung. “Orang pulau kebanyakan menyebut gabung jadi Kabung. Disebut gabung karena penduduknya gabungan dari berbagai suku. Ada suku Melayu, Bugis, Cina, dan Jawa,” tutur Pardi.

Naik Dermaga
DERMAGA – Warga di Pulau Kabung naik dermaga untuk menuju pulau. (Foto Muhlis Suhaeri)
Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *