Pemkot Pontianak Terus Tingkatkan IRB di Tahun 2021

Evaluasi Pengisian LKE-PMPRB. Ist
Evaluasi Pengisian LKE-PMPRB. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Di tahun 2021 ini, Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) dalam Perkembangan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak terus ditingkatkan.

Inspektur Kota Pontianak, Sri Sujiarti mengatakan, nilai itu dirangkum dari berbagai aspek, seperti profesionalitas masing-masing perangkat daerah, kualitas pelayanan terhadap masyarakat hingga perundangan-undangan yang terintegrasi.

Bacaan Lainnya

Dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola birokrasi serta menumbuhkan budaya integritas kinerja dan melayani, Pemkot Pontianak melalui Inspektorat Kota Pontianak siap melakukan beberapa tindakan optimalisasi.

“Melakukan penguatan penajaman program RB pada tingkat pemkot dan perangkat daerah,” papar Sri saat pimpin rapat secara virtual di Meeting Room, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak, Senin (28/6/2021).

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menyusun kegiatan yang terpadu berdasarkan pada penetapan prioritas perbaikan yang perlu dilakukan oleh organisasi, mengoptimalkan implementasi penilaian mandiri pelaksanaan RB dengan monitoring perkembangan pelaksanaan rencana aksi dan meningkatkan pengetahuan asesor Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB).

Ia pun melanjutkan, beberapa tahapan yang akan pihaknya terapkan pada upaya pembenahan reformasi birokrasi sesuai arahan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Tahapan itu adalah mewujudkan daya kerja positif dengan memaksimalkan peran agen perubahan atau kelompok budaya kerja yang disertai target-target nyata.

“Melakukan pemetaan terhadap seluruh produk hukum yang telah dan akan terbit sehingga dapat diidentifikasi peraturan yang tidak sinkron dengan memiliki potensi menghambat akses pelayanan publik, dan meningkatkan penggunaan electronic governance atau e-gov,” terangnya.

Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance). Dengan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah mencapai nilai 86 di lingkungan Pemkot Pontianak diharapkan menjadi motivasi dan semangat untuk semua pihak khususnya ASN agar terus memperbaiki kinerja serta menuju perubahan yang lebih baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *