Jangan Ditunda, Ini cara Efektif Tingkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas sangat penting untuk menjaga ritme saat menyelesaikan rutinitas pekerjaan--Suara.com
Produktivitas sangat penting untuk menjaga ritme saat menyelesaikan rutinitas pekerjaan--Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja sehari-hari. Dengan harapan hal itu mampu mengembalikan semangat kerja yang mulai tergerus rutinitas yang monoton dan itu bukan pekerjaan mudah. Ada kalanya seseorang merasa bosan atau jenuh dengan rutinitas yang dijalani.

Meski begitu, Mentor Satu Persen Nathalia Cristy Tewal mengutip Suara.com, mengatakan bukan tidak mungkin bagi seseorang untuk meningkatkan produktivitasnya, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Bacaan Lainnya

“Secara kualitas dan kuantitas seseorang bisa menjalani kegiatan secara baik. Bila hasilnya memuaskan, itu baik buat dia. Kedua punya nilai dari value sendiri, jadi nggak hanya soal kerja saja terus selesai, tapi kuantitas dan kualitas saling beriringan,” ungkapnya pada acara How To Boost Our Productivity, Selasa (29/6/2021).

Cristy mengingatkan bahwa meningkatkan produktivitas tidak sama dengan menambah atau memperbanyak tugas dan pekerjaan. Sebab jika tugas dan pekerjaan ditambah namun tidak bisa diatur dengan baik, seseorang malah bisa kehilangan fokus dan lupa terhadap tanggung jawab.

“Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya berbagai faktor. Juga seringkali seseorang kurang fokus atau kebanyakan tugas, karena itu seseorang bisa sampai lupa,” ungkapnya lebih lanjut.

Menurut Cristy, hal penting lain yang harus diingat adalah jangan menunda-nunda pekerjaan. Itu bahaya dan itu nggak bermanfaat sama sekali. Kalau misalnya udah di list yang paling penting, kita bisa saja mager. Seperti main hape dulu, jadi kita kurang fokus mengerjakan apa yang harusnya kita kerjakan,” jelasnya.

Selain itu, dalam meningkatkan produktivitas perlu membuat daftar prioritas. Dengan begitu seseorang tahu apa yang akan dikerjakan, mana tugas yang darurat atau perlu segera diselesaikan.

“Setiap orang pasti punya kebutuhan dan kegiatan yang berbeda-beda. Untuk menyesuaikan prioritas, kita bisa buat target yang ingin kita lakukan. Mungkin bisa besok atau minggu depan. Tapi perlu buat prioritas yang paling urgent dulu,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *