Waspada, Botol Plastik Bisa Bahaya Jika Dipakai Ulang

Ilustrasi botol minum berbahaya
Ilustrasi botol plastik yang dipakai ulang bisa berbahaya. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gaya hidup sehat saat ini tengah menjadi trend. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 yang belum mengalami tanda-tanda akan reda, gaya hidup terpola dengan menu sehat menjadi pilihan wajib.

Penggunaan alat makan dan minum juga menjadi perhatian. Botol minum contohnya. Saat ini banyak sekali botol plastik untuk tempat minum yang dijual di pasaran, yang berbeda dengan botol plastik minuman kemasan.

Anda mungkin mengira menggunakan botol plastik yang bisa dicuci dan digunakan berulang ini akan jauh lebih aman dari botol plastik kemasan.

Faktanya, beberapa jenis botol plastik yang bisa digunakan ulang bisa menimbulkan risiko kesehatan tersembunyi.

Dalam tulisan Express yang dikuti Suara.com, Cheryl Lythgoe, Matron di Benenden Health telah memperingatkan bahaya menggunakan botol plastik secara berulang.

“Saat berpergian, kita harus memastikan tubuh selalu terhidrasi sehingga kita biasanya akan membawa botol minum yang bisa digunakan kembali kemana pun,” kata Cheryl Lythgoe.

Tapi, kebanyakan botol plastik yang kita gunakan sehari-hari terbuat dari plastik polikarbonat. Plastik polikarbonat telah diproduksi sejak 1950-an dengan bahan kimia industri yang disebut bisphenol-A (BPA).

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan dan minuman,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *