Pemkab Bengkayang Fokus Selesaikan Pembangunan PLBN Jagoi Babang Sesuai Target

Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal. Senin (5/6/2021). Baruna
Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal. Senin (5/6/2021). Baruna

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang, tengah menyiapkan berbagai upaya untuk menyelesaikan Pembangunan PLBN Jagoi Babang. Pasalnya, di Bulan Juli Tahun 2022, PLBN tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Wabup Rizal menyampaikan, berdasarkan perencanaan dari Presiden Jokowi, bahwa PLBN Jagoi Babang sendiri akan dibuka pada Bulan Juli 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan, bahwa Kabupaten Bengkayang dan beberapa Kabupaten sekitarnya, dapat diartikan sebagai garda terdepan Pemerintah Indonesia, dalam daerah perbatasan.

“Oleh Karenanya, Pemkab Fokus dulu menyelesaikan pembangunan PLBN, momentum ini harus kita manfaatkan maksimal, sembari menunggu pemerintah pusat berupaya menata daerah sekitar PLBN menjadi Daerah penyangga dan penunjang,” ucapnya, Senin (5/7/2021).

Ia menjelaskan, berkenaan dengan daerah penunjang dan penyangga PLBN adalah wewenang pemerintah pusat, baik infrastruktur jalan negara serta fasilitas pendukung lainnya. Karena terhitung dari simpang Anjongan sampai ke Perbatasan Jagoi Babang, adalah tanggung jawab dan wewenang pemerintah pusat.

Dijelaskannya kembali, jika hanya mengandalkan keuangan Pemda (Bengkayang) saja, itu tidak akan mampu.

“Pemkab sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, untuk bisa mencapai target menjadi daerah penyangga atau penunjang untuk mewakili Pemerintah Indonesia kedepannya,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *