Lab RS UNTAN Pontianak Siapkan 96 Sampel untuk Whole Genom Sequencing

Lab UNTAN Siapkan 96 Sampel untuk Whole Genom Sequencing
Genom Sizes. Mengutip genecraftlabs.com

PONTIANAK, insidepontianak. com – Laboratorium Universitas Tanjungpura tengah menyiapkan 96 sampel untuk dilakukan Whole Genom Sequencing (WGS) yang ada di Litbangkes, Jakarta.

Konsultan Biologi Molekuler Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 RS UNTAN dan Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 Labkesda Kalbar, dr Andriani, menjelaskan sampel tersebut adalah sampel yang berasal dari rata-rata orang di seluruh kabupaten/kota di Kalbar.

Bacaan Lainnya

“Biar datanya representatif karena mewakili semua populasi di Kalimantan Barat, mengingat Whole Genom Sequencing di Litbangkes dan beberapa center lain sangat terbatas.

Sementara antrian untuk surveilans untuk genome sangat banyak. Makannya kita ambil sampel di kabupaten/kota yang paling tunggu tingkat Covid-19,” ungkapnya, Rabu (7/7/2021).

Sebelumnya, 49 sampel yang sudah untuk dilakukan Whole Genom Sequencing dianggap tidak relevan dengan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini.

Sedangkan 96 sampel yang sudah disiapkan untuk dikirim dianggap mewakili kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Kalimantan Barat saat ini.

Kriteria pengiriman itu adalah sampel dengan kriteria dua minggu sebelumnya. Maksudnya, sampel yang dalam dua minggu lalu memenuhi kriteria inklusi untuk dilakukan Whole Genom Sequencing. Termasuk sampel dari kabupaten/kota

“Ini berdasarkan diskusi kami dengan tim peneliti surveilans untuk Genom Sars-Cov 2 Nasional,” ungkap Andriani.

Apa itu Whole Genom Sequencing?. Mengutip genecraftlabs.com, WGS adalah teknik komprehensif yang digunakan dalam proses pengurutan sekuens DNA menjadi suatu gambaran genom utuh (whole genome sequence) dengan menggunakan teknologi Next Generation (NGS).

Masih dari laman genecraftlabs.com, setiap makhluk hidup memiliki materi genetik berupa Ribonucleic Acid (RNA) atau Deoxyribonucleic Acid (DNA) yang tersimpan dalam tiap sel penyusun tubuhnya yang disebut genom.

Data genom makhluk hidup ini, didapatkan melalui teknik Whole Genome Sequencing Sequencing. Proses pengurutan dan perangkaian sekuen genom ini layaknya menyusun puzzle yang memiliki jutaan hingga miliaran keping gambar.

Proses Whole Genome Sequencing sendiri dilakukan menggunakan komputasi dan algoritme kompleks yang disebut bioinformatika.

WGS sudah digunakan sebagai salah satu alat penelitian di bidang genetik dan biologi molekuler serta belakangan juga mulai digunakan untuk aplikasi medis.

Ada banyak manfaat dari whole genom sequencing untuk kehidupan manusia, seperti menemukan penyebab dari penyakit keturunan yang langka (inherited disorder disease), menyediakan info genetik dari penyakit yang kompleks, dan menemukan penyebab mutasi pada tipe kanker progresif tertentu ataupun penyakit kanker yang diturunkan (inherited cancers) pada anak-anak dan orang dewasa.

Berkaca pada fenomena pandemi COVID-19, WGS menjadi sangat berperan yang digunakan sebagai alat untuk mendapatkan cetak biru genetik (genetic blueprint) dari genom virus SARS-CoV-2, identifikasi mutasi baru , pelacakan asal virus, dan pencegahan penularan virus.

Artinya, data sampel genom SARS-CoV-2 yang spesifik akan menjadi fondasi untuk riset vaksin dan memformulasikan perawatan yang tepat untuk menangani kasus COVID-19 di suatu negara oleh peneliti dan tenaga medis.

Lebih lanjut, data genom SARS-CoV-2 juga bisa digunakan untuk memetakan dan mempelajari alur penyebaran COVID-19 sehingga penentu kebijakan (pemerintah dan badan terkait) di suatu negara bisa merancang strategi untuk menahan laju penularan virus SARS-CoV-2.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *