Buka Rakerda PKK IX, Bupati Sanggau: Tetap Kuat Bersama Pemerintah Lawan Pandemi Covid-19

RAKERDA - Bupati Sanggau Paolus Hadi  menghadiri dan membuka secara langsung Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK IX tingkat Kabupaten Sanggau tahun 2021 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49, di Ruang VVIP Lantai II Kantor Bupati Sanggau pada Kamis (8/7/2021). (Diskominfo)

SANGGAU, insidepontianak.com – Bupati Sanggau Paolus Hadi  menghadiri dan membuka secara langsung Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK IX tingkat Kabupaten Sanggau tahun 2021 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49, di Ruang VVIP Lantai II Kantor Bupati Sanggau pada Kamis (8/7/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, Plt Kepala Dinas DPM Pemdes Kabupaten Sanggau Alian, Ketua GOW Kabupaten SanggauYohana Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kabupaten SanggauChristiana Sri Kusumastuti, Pengurus TP PKK Kabupaten Sanggau serta peserta virtual yang dihadiri 1.335 kader PKK dari tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Bacaan Lainnya

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan harapannya agar TP PKK yang memiliki kader hingga tingkat Desa dapat berperan aktif membantu program-program pembangunan yang disusun Pemerintah.

“Kalau organisasi ini dikembangkan dengan maksimal, karena strukturnya sampai ke bawah dan melibatkan kepala-kepala keluarga termasuk para ibu rumah tangga maka program yang kita sampaikan akan lebih menyentuh. Contoh kasus hari ini kita dilanda pandemi Covid-19, sebenarnya kalau pemberdayaan keluarga itu sudah mapan pasti mampu mencegah (Covid-19),” ujarnya.

“Dan juga jika satu kesatuan dengan dasawismanya mereka bisa berdiskusi disitu. Inilah PPKM yang mendukung Desa,” tambahnya.

Bupati berharap, sebagai suatu organisasi yang besar dan mengakar hingga di lingkungan keluarga, bisa bergerak kuat membantu pemerintah terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Dengan HKG yang ke-49 ini, semoga PKK semakin kuat gerakannya membangun daerah kita dan sama-sama mendukung untuk mendorong Covid-19 ini terus kita tekan,” katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina menyampaikan ada dua program prioritas PKK Kabupaten Sanggau di tengah pandemi Covid-19 ini. Pertama adalah persoalan stunting dan kedua adalah persoalan keterlibatan PKK dalam membantu pemerintah menangani Covid-19.

“Dua program itu menjadi prioritas kita. Karena sekarang situasi dalam keadaan darurat supaya kita semakin waspada, apalagi kita mendengar informasi bahwa ada virus baru. Harapan kami apa yang menjadi kebijakan Pemerintah harus kita patuhi karena kita bagian penting dalam pembangunan,” tutur Arita Apolina.

Ia mengajak seluruh masyarakat Sanggau, khususnya di lingkungan keluarga untuk menjaga dirinya masing-masing dan keluarga dari penularan Virus Corona dengan tetap disiplin Prokes.

“Di Pokja empat nanti akan dibahas bagaimana peran keluarga untuk mencegah Covid-19. Saya minta keluarga menjadi agen of change dengan memulai dari diri sendiri dan keluarga dalam mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Pada Rakerda IX ini, TP PKK Sanggau sedang menyusun program kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.

“Di tengah pandemi, aktifitas keluarga semakin ditingkatkan, akan tetapi harus disesuaikan dengan perubahan-perubahan pola hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Hari ini, jajaran TP PKK sedang menyusun program kerja dan mengevaluasi kinerja kita selama ini sekaligus menyusun program kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek,” ungkapnya. (Ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *