Homestay Berstandar Internasional Binaan Poltesa di Temajuk Segera Terwujud

Direktur Poltesa, Mahyus
Direktur Poltesa, Mahyus.(Yak/Insidepontianak).

SAMBAS, insidepontianak.comHomestay yang murah dan berkualitas dapat menarik wisatawan. Di Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) sedang melakukan pembinaan terhadap homestay berstandar internasional milik warga di sana.

“Kita ingin menciptakan homestay yang memiliki standar internasional. Kita sudah memasuki tahun kedua dalam program pembinaan terhadap Desa Temajuk,” kata Direktur Poltesa, Mahyus kepada insidepontianak.com, Kamis (8/7/2021).

Bacaan Lainnya

Mahyus mengatakan, masyarakat lokal di Temajuk tak boleh jadi penonton jika nantinya kawasan itu sudah berkembang pesat. Oleh karenanya, pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni harus dilakukan jauh-jauh hari.

“Ketika Desa Temajuk sudah maju nantinya, masyarakat setempat tidak boleh jadi penonton. Kita harus menyiapkan SDM. Supaya mereka tidak menjadi babu, atau pekerja kasar,” katanya.

Mahyus mengatakan, manfaat ekonomi kawasan Temajuk tak boleh hanya dinikmati oleh para kapitalis atau pemilik modal besar. Kendati peran mereka sangat penting sebagai pemodal, masyarakat lokal tak boleh diabaikan.

“Tanpa investor, hal itu juga tidak akan terwujud. Makanya, kami membina masyarakat di sana di sektor homestay. Penginapan yang murah, dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Mahyus memaparkan, aspek ikutan dari homestay akan mengalir panjang. Sektor kuliner misalnya, bisa dijadikan aspek tujuan wisatawan kedua. Terlebih Poltesa memiliki semua ahli dalam bidang tersebut.

“Ikutan dari homestay itu bisa kuliner, seni budaya dan souvernir misalnya. Sekarang kami sedang menggarap souvernir khusus yang menggambarkan masyarakat Kabupaten Sambas,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *