Taklukkan Denmark 2-1, Inggris Siap Tantang Italia di Babak Final Euro 2020

Timnas Inggris Rayakan Kemenangan
RAYAKAN - Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane (tengah depan) dan rekan-rekannya merayakan keberhasilan timnya melaju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Denmark di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. (Catherine Ivill/Pool/AFP/Suara.com).

JAKARTA, insidepontianak.com – Timnas Inggris melaju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Timnas Denmark dengan skor tipis 2-1, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dini hari. Gol kedua yang mengantarkan Inggris ke final dicetak oleh Harry Kane di menit perpanjangan waktu usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Dilansir dari Suara.com, semula, Inggris dikejutkan oleh gol cepat Denmark pada menit ke-30. Mikkel Damsgaard merobek jala Jordan Pickford lewat tendangan bebas menawan.

Bacaan Lainnya

Tim asuhan Gareth Southgate berhasil menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian. Umpan Bukayo Saka ke Raheem Sterling berhasil dicegah Simon Kjaer, tetapi bola justru masuk ke gawang sendiri.

Skor 1-1 pun bertahan hingga waktu normal berakhir. Di babak perpanjangan waktu pertama, Inggris berhasil berbalik unggul lewat Harry Kane. Inggris mendapat hadiah penalti di menit ke-104, setelah Raheem Sterling dilanggar di dalam kotak terlarang oleh wing-back Denmark, Joakim Maehle.

Sepakan Harry Kane selaku eksekutor sempat ditepis kiper Kasper Schmeichel, tetapi mampu kembali disambarnya guna membawa Inggris menang 2-1.

Kerja keras Sterling dan kawan-kawan pada akhirnya membawa Inggris melaju ke final turnamen besar perdananya setelah terakhir kali melakukannya pada 1966 saat mereka menjadi juara Piala Dunia.

Di partai final, Inggris sudah ditunggu Italia yang lolos usai menaklukan Spanyol lewat babak adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Lantas, apakah generasi baru Timnas Inggris bisa mengakhiri kutukan yang telah terjadi selama 55 tahun di mana mereka tak pernah lagi merasakan prestasi di turnamen mayor? Pelatih Gareth Southgate pun menyebut Inggris hanya tinggal menaklukan satu rintangan lagi.

Dia menegaskan Mason Mount dan kawan-kawan siap untuk mempersembahkan harapan selama lima dekade lebih diidam-idamkan fans Tim Tiga Singa.

“Kami harus menikmati kenyataan bahwa kami berada di final tetapi ada satu lagi rintangan besar yang harus ditaklukkan,” kata Gareth Southgate dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis (8/7/2021).

“Italia adalah tim yang sangat bagus, saya pikir itu beberapa tahun terakhir. Mereka dalam performa yang luar biasa dan memiliki pejuang bertahan yang telah melalui segalanya. Ini adalah pertandingan yang hebat untuk dinanti-nantikan,” ucapnya.

Southgate menekankan bahwa selama tim sudah ke final, fokus mereka cuma satu yakni meraih kemenangan. Skuad Timnas Inggris harus bersatu untuk mewujudkan cita-cita yang lama terkubur.

“Final ada untuk dimenangkan. Kami akan berkumpul kembali dan mempersiapkan diri dengan baik,” beber Southgate.

“Kami perlu pulih malam ini, butuh banyak fisik dan mental. Italia juga mengalami itu – meskipun mereka memiliki satu hari ekstra untuk pulih,” tambahnya.

Duel Inggris vs Italia di babak final Euro 2020 akan berlangsung di Stadion Wembley, pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *