Yohanes Ontot Harap Warga Pahami Hak dan Kewajiban Mencoblos

PENYULUHAN - Wakil Bupati Sanggau Yohanes Onto membuka kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau, di Desa Bereng Bekawat, Kecamatan Beduai,Kamis (8/7/2021). (Diskominfo)

SANGGAU, insidepontianak.com – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot membuka kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau, di Desa Bereng Bekawat, Kecamatan Beduai,Kamis (8/7/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, Camat Beduai Miko Martoyo, Forkompimcam, perwakilan dari KPU dan Bawaslu selaku narasumber, Kades Bereng Bekawat Agus Rahmaddani dan peserta penyuluhan dari masyarakat Desa Bereng Bekawat.

Bacaan Lainnya

Usai membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan, melalui kegiatan penyuluhan tentang pengembangan partisipasi politik ini diharapkan pemahaman masyarakat tentang partisipasi politik terutama di Desa Bereng Bekawat ini lebih baik lagi.

“Masyarakat harus lebih memahami untuk memberikan hak pilihnya, baik dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan gubernur dan wakil gubenur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati,” jelas Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Yohanes Ontot mengatakan, jika dilihat di data yang sudah ada, tingkat partisipasi politik di masyarakat mengalami penurunan. Sehingga, perlu dicari tau sebeb dari belum pahamnya masyrakat terkait dengan seharusnya mereka memberikan hak pilihnya ketika pada waktunya diadakan kontestasi politik.

“Tentu dengan adanya penyuluhan partisipasi politik ini, kita berharap agar masyarakat lebih memahami lagi tentang hak dan kewajiban mereka dalam memberikan hak pilihnya. Dan nkita berharap dengan adanya narasumber dari KPU dan Bawaslu ini, dapat menjelaskan kepada masyarakat agar mereka lebih memahami tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara untuk memberikan hak pilih dan hak untuk dipilih,” harap Wabup.

Selain itu, diharapkan pula kepada peserta dapat menjadi corong untuk menjelaskan kepada masyarakat yang lain, baik tetangganya dan keluarganya agar lebih berpartisipasi dalam hal pemberian hak suara.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini, tentu diharapkan kedepan, terutama dalam kegiatan pemilu di Tahun 2024 mendatang, masyarakat bisa lebih berpartisipasi dalam hal pemberian suara.

“Kegiatan Pemilu yang sudah-sudah, ternyata belum memenuhi harapan kita. Dan kita ingin tingkat partisipasi ataupun tingkat kesadaran masyarakat bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan kita ini harapannya agar masyarakat lebih tergugah hatinya untuk ikut bertanggungjawab dalam memberikan dan menentukan seorang pemimpin yang sesuai dengan hati nurani mereka,” kata Antonius. (Ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *