Bupati Satono Ingin Lanjutkan Bangun Museum Daerah

Bupati Satono
Bupati Sambas, Satono. (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com – Bupati Sambas, Satono ingin melanjutkan pembangunan Museum Daerah Kabupaten Sambas selama kemampuan keuangan daerah memadai. Hal itu dia tegaskan usai memperingati hari jadi Kota Sambas ke-390, di Istana Alwatzikhoebillah, Jumat (9/7/2021).

“Terkait Museum Daerah Kabupaten Sambas, kita akan lanjutkan. Selama kemampuan daerah bisa, tentu akan kita fasilitasi,” kata Satono.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, rencana pembangunan museum tersebut sudah dibicarakan dengan Pangeran Ratu Mulia Muhammad Tarhan. Begitupun pembangunan rumah budaya melayu. Sebab, keduanya adalah bangunan yang mencerminkan identitas kebudayaan di Sambas.

“Baik museum daerah maupun rumah budaya melayu itu, semua pasti ingin kita bangun, tapi bertahap sesuai regulasi yang ada,” ucapnya.

“Tadi waktu napak tilas di makam Sultan Muhammad Tsyafiuddin I, saya sudah diskusi kecil dengan Pangeran Ratu Mulia Muhammad Tarhan. Insyaallah rumah budaya melayu sebagai ikon Kabupaten Sambas dibangun tahun depan,” sambungnya.

Satono mengatakan, Sambas sudah seyogyanya memiliki rumah budaya melayu. Sebab, 85 persen populasi jiwa di Sambas adalah suku melayu.

Selain menjadi ikon daerah, rumah budaya melayu, nantinya akan jadi tempat bermusyawarah dan berunding terkait hal-hal penting bagi masyarakat Melayu Sambas.

“Sudah sewajarnya, Sambas punya Rumah Budaya Melayu, sebagai wadah untuk kita berhimpun, bermusyawarah dan mufakat,” ujarnya.

Satono memohon doa dari masyarakat Kabupaten Sambas, agar pembangunan Museum Daerah maupun Rumah Budaya Melayu bisa terwujud tanpa kendala.

“Mudah-mudahan, rencana ini dimudahkan jalannya, dan terealisasikan. Tentu tak luput dari doa restu seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *