Dinkes Kota Pontianak Mulai Vaksin Anak Usia 12-17 Tahun

Vaksin Anak-Anak Usia 12-17 Tahun mulai dilakukan Dinkes Kota Pontianak
Vaksin Anak-Anak Usia 12-17 Tahun mulai dilakukan Dinkes Kota Pontianak. Ist

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan Kota Pontianak sudah mulai mem-vaksin anak usia 12-17 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, menjelaskan, pihaknya terus mensosialisasikan vaksinasi untuk anak, selain vaksin untuk dewasa.

“Jadi kita akan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 ditambahkan dengan anak 12 hingga 17 tahun,” katanya saat hadir dalam vaksinasis massal di GOR Pangsuma, Jumat (9/7/2021).

Pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak akan dilakukan pada sekolah masing-masing. Sehingga tidak disatukan dengan vaksinasi umum.

Pelaksananya adalah puskesmas binaan dengan berkoordinasi dengan wali murid.

“Saat ini untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak sekolah memang masih dalam proses koordinasi,” terang Sidiq.

Sementara sebelumnya, Kementerian Kesehatan melalui surat edaran HK.02.02/I/1727/2021.

Dalam surat edaran tersebut menginstruksikan Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten, dan Kota untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap 3 kepada bagi masyarakat rentan dan masyarakat umum di atas 18 tahun juga terhadap anak di atas usia 12 tahun.

Tercatat lebih dari 600 anak usia 0 sampai 18 tahun meninggal. Sebanyak 197 anak di antaranya berumur 12 sampai 17 tahun dengan angka cash fatality rate pada kelompok usia tersebut adalah 0,18 persen.

Oleh sebab itu, sesuai dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI dan persetujuan penggunaan vaksin Covid-19 produksi PT Biofarma Sinovac, vaksinasi Covid-19 dapat diberikan bagi anak usia 12 sampai 17 tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *