Desa Tirta Kencana Masuk Katagori Zona Merah, Prokes pun Diperketat

Camat Kecamatan Bengkayang, Robinson
Camat Kecamatan Bengkayang, Robinson. Baruna

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Camat Kecamatan Bengkayang, Robinson mengaku memperketat dengan protokol kesehatan (prokes) saat hendak masuk ke Desa Tirta Kencana. Pasalnya, desa tersebut sudah memasuki kategori zona merah.

“Ya, saat ini wilayah tersebut memasuki kategori zona merah,” ungkapnya kepada Inside, saat dikonfirmasi. Sabtu (10/7/2021).

Bacaan Lainnya

Robinson yang merupakan Kepala satgas Covid-19 tingkat kecamatan juga berpesan kepada masyarakat agar disiplin dalam menerapkan prokes.

Pihaknya tak henti-henti mensosialisasikan pentingnya prokes kepada masyarakat Kecamatan Bengkayang, mengingat kasus Covid-19 di Kabupaten Bengkayang sedang meningkat.

“Saat ini, total di wilayah desa tersebut ada 5 warga yang meninggal, yang terbaru kemarin malam,” terangnya.

Menyikapi hal tersebut, selain pihaknya menggalakan disiplin prokes, rencananya daerah tersebut akan melakukan Basamsam.

Basamsam adalah ritual adat yang kerap dilakukan semacam doa tolak bala yang disertai berdiam diri di rumah.

Warga setempat meyakini Basamsam salah satu alternatif lockdown alami yang dapat menekan penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

Diketahui bersama, Basamsam biasanya dilakukan 1 hari bahkan 3 hari, dimana tidak ada aktivitas masyarakat di luar rumah, mengurung diri selama Basamsam itu berlangsung.

“Rencananya Minggu depan, Basamsam itu dilakukan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *