APH dan Pemerintahan Desa Sinergitas Wujudkan Good dan Clean Governance

Kepala Dinas SP3APMD Kayong Utara Mac Novianto. (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kepala Dinas SP3APMD Mac Novianto mengatakan perlunya sinergitas antara Aparat Penegak Hukum (APH) dengan pemerintahan desa untuk mewujudkan good governance dan clean goverment, Selasa(13/7/2021).

“Ini merupakan wujud koordinasi dan sinergitas kita antara internal Kabupaten Kayong Utara dan Kejaksaan Ketapang, tujuannya untuk membangun good governance dan clean goverment. agar penyelenggaraan manajemen pemerintahan desa betul-betul dilaksanakan sesuai yang diamanatkan undang – undang,” kata Mac Novianto di Sukadana.

Bacaan Lainnya

Dengan dikucurkan Dana Desa melalui APBN setiap tahunnya itu, menurutnya, wujud implementasi asa keadilan dan merata serta wujud nyata keberpihakan pemerintah dalam melayani dan membangun masyarakat desa.

“Jadi perlu dipahami dan dimaknai tujuan digulirnya dana desa menandakan negara hadir untuk membangun masyarakat, membangun desa,” jelasnya.

Untuk Kayong Utara sendiri, menurutnya, ada 43 Desa yang tersebar di enam kecamatan. untuk mendukung pengelolaan pemerintahan desa, Pemda setempat juga telah menggelontorkan dana dari APBD Kayong Utara sebesar 10 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Kita tahun ini dana desa itu 5,4 miliar lebih untuk pemerintah desa dengan perumusan berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk dan dari Dana Alokasi Umum (DAU) itu 10 persen untuk 43 Desa di Kayong Utara,” jelasnya.

“Mari kita sama – sama kawal dan awasi agar manajemen pemerintahan desa bisa terlaksana dengan sebaik mungkin,” harapnya. (Ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *