Dinkes Sambas Diminta Gencar Sosialisasi Vaksin ke Pedesaan

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan IMTEK, Fajar
Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan IMTEK, Fajar. (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com – Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Ikatan Mahasiswa Teluk Keramat (IMTEK) Kabupaten Sambas, Fajar meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas gencar melakukan sosilisasi vaksinasi Covid-19 ke pedesaan.

Sebab menurutnya, masih banyak masyarakat yang tak paham fungsi dan pentingnya vaksinasi.  Sehingga tak sedikit masyarakat menolak untuk divaksin karena tak mengerti.

Bacaan Lainnya

“Setelah kami lihat, di pedesaan ternyata banyak masyarakat yang belum mengerti sepenuhnya tentang manfaat, fungsi dan cara kerja vaksin. Saya minta Dinkes harus lebih gencar lagi menyosialisasikan itu,” harap Fajar, Kamis (15/7/2021).

Dia pun menyakini, bila masyarakat terus diedukasi dan diberi pemahaman tentang pentingnya vaksinasi, maka program vaksinasi massal yang kini digencarkan pemerintah bisa berhasil.

Namun sebaliknya, bila sosialisasi kurang, maka akan semkin banyak masyarakat menolak divaksin. Terutama masyarakat di pedesaan. Apalagi banyak informasi negatif yang bertebaran di media sosial. Sebab itu sosialisasi perlu disampaikan sampai ke akar rumput.

Sementara, Devisi Litbang IMTEK, Nuri Ayu Kharisma menambahkan, vaksin yang digencarkan pemerintah saat ini adalah upaya mencapai kekebalan komunal. Hal itu berlandaskan Perpres Nomor 50 Tahun 2020 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi.

“Pemerintah telah memastikan bahwa vaksin itu aman dan halal. Sebab telah melewati serangkaian pengujian yang ilmiah. Lagipula suntik vaksin itu tidak sakit dan prosedurnya mudah. Jika ingin cepat keluar dari situasi pandemi ini, jangan takut divaksin,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *