DPR Minta Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk Antisipasi Penularan Varian Delta di Luar Jawa

Grafis
Varian Delta Lebih Berbahaya, Waspadai 3 Gejala Utamanya yang Berbeda. (Ist).

JAKARTA, insidepontianak.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris mendesak pemerintah segera persiapkan skenario terburuk terkait adanya deteksi Covid-19 varian Delta, yang sudah menyebar ke luar Pulau Jawa.

Carles ingatkan, krisis kesehatan seperti di Jawa akibat dilanda lonjakan kasus, jangan sampai terjadi di wilayah luar pulau jawa. Karena itu, dia memandang, antisipasi sedini mungkin harus dilakukan pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Tentu kita berharap badai penularan varian Delta ini tidak terjadi di luar Jawa. Namun, belajar dari lonjakan kasus penularan covid-19 di Jawa, antisipasi lewat skenario terburuk di luar Jawa adalah sebuah keharusan,” kata Charles dalam keterangannya, sebagaimana dilansir dari Susara.com, Kamis (15/7/2021).

Dia menyebut, kondisi di Pulau Jawa saat ini sedang menghadapi situasi di mana fasilitas kesehatan sudah kewalahan, obat-obatan Covid-19 sulit didapatkan, hingga stok oksigen juga langka.

“Harus kita sadari kapasitas fasilitas kesehatan di luar Pulau Jawa secara umum tidak sebaik di Pulau Jawa. Sehingga jika penyebaran varian Delta di sejumlah daerah luar Jawa tidak diantisipasi dengan baik, maka lonjakan kasus akan membuat sistem kesehatan di wilayah tersebut menjadi lumpuh,” kata Charles.

Sementara itu, terkait antisipasi penyebaran varian Delta lebih meluas di luar Jawa, Charles mengatakan bahwa pengetatan mobilitas masyarakat mendesak harus dilakukan pemerintah di seluruh provinsi.

Menurutnya, apabila pemerintah tidak berhasil melakukan pembatasan mobilitas masyarakat secara besar-besaran, maka penambahan fasilitas kesehatan sebanyak apapun, tidak akan cukup memenuhi kebutuhan penanganan pasien Covid-19.

SAebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, penyebaran virus varian Delta sudah menyebar di luar Jawa.

“Beberapa provinsi itu sudah sangat tinggi karena ledakan dari varian Delta tidak merata sekarang. Mereka terkonsentrasi di Jawa dan kita sudah melihat mereka sudah mulai menyebar ke luar Jawa,” ujar Budi dalam rapat di Komisi IX DPR, Selasa (13/7/2021).

Budi menyebutkan, provinsi mana saja di luar Jawa yang kemudian sudah terdeteksi penyebaran Covid-19 varian Delta, di antaranya Lampung, Kalimantan Timur, Sumatra Selatan, Papua Barat, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Budi meyakini, sebaran varian Delta sudah menginfeksi provinsi-provinsi tersebut berdasarkan pengamatan yang telah diilakukan.

“Sekarang sudah masuk di radar kita, di luar rumah sakit di Jawa. Kalau kita amati penyebarannya, dan laju peningkatannya ini ciri-ciri varian dari mutasi Delta,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *