Hindari Minum Air Kelapa yang Dibakar! Ini Bahayanya kata dr Zaidul Akbar

dr Zaidul Akbar
dr Zaidul Akbar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebagai orang paham tentang dunia kesehatan, pastinya Dokter Zaidul Akbar paham bahwa sesuatu yang alami dan murni jauh lebih sehat.

Ini juga yang diingatkannya dalam mengkonsumsi air kelapa muda. Ia mewanti-wanti jangan meminum air kelapa bakar. Mengapa? karena itu justru merusak kandungan nutrisi dalam air kelapa jika dibakar.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan dalam channel YouTube dr. Zaidul Akbar Official, yang dikutip suara.com, Kamis (15/7/2021), dalam air kelapa terkandung zat amino yang kandungannya bisa rusak jika dibakar.

“Kenapa kelapa bakar tidak saya sarankan? Karena di air kelapa itu ada asam amino dan segala macam nutrisi. Itu kan kelapa bakar dimasukkan ke gentong lalu dibakar, itu sangat panas dan rusak enzimnya,” ujar dr. Zaidul.

Asam amino merupakan zat yang bisa meningkatkan kinerja hati untuk membuang racun jadi lebih baik. Alhasil rasa lelah, stres, dan depresi akan berkurang karena metabolisme tubuh lebih baik.

Sedangkan asam amino dan serat makanan dalam air kelapa ampuh menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkatkan sensitivitas insulin untuk mengolah gula menjadi energi. Sehingga bisa menurunkan risiko diabetes.

Dokter Zaidul juga mengungkap air kelapa ampuh menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, lantaran air kelapa yang bersifat mendinginkan sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Namun untuk memastikan semua kandungan nutrisi di air kelapa utuh dan tidak rusak, sebaiknya mengonsumsi air kelapa tanpa diolah.

Salah satunya dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) itu tidak menyarankan air kelapa bakar atau air kelapa dalam kemasan.

“Satu butir sehari cukup, atau mungkin kalau badan sudah lebih fit, dan enak, distop dulu lalu minum yang lain. Mau kelapa tua, mau kelapa muda, kelapa macam-macam, tapi jangan kelapa bakar,” pungkasnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *