Jutaan Teripang Terdampar di Pantai Jawai Sambas Jadi Santapan Warga, Dimasak Jahe Hingga Diacar

Tripang di Pantai Venesia Sambas
Tangkapan layar video Pantai Venesia dipenuhi Teripang sejak Rabu (14/7/2021). (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com – Warga Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menyantap Teripang yang terdampar di sepanjang bibir Pantai Bahari Jawai sampai Pantai Venesia Paloh. Jutaan Teripang yang terdampar di bibir pantai itu awalnya tidak dihiraukan warga.

Namun setelah mengetahui Timun Laut itu bisa dimakan, warga pun ramai-ramai membawa pulang untuk diolah menjadi makanan. Salah satu warga Sambas, Nia yang tinggal di sekitar Pantai Bahari Jawai memasak Teripang untuk keluarganya. Menu istimewa dia sajikan, mulai dari Teripang masak jahe, sampai Teripang acar.

Bacaan Lainnya

“Ini namanya acar Teripang, silakan dicoba Pak! gimana rasanya Pak?” kata Nia dalam unggahan video di media sosial Facebooknya, Makcik Nia.

Acar Teripang itu dibuatnya dengan mencapur potongan daging Teripang yang diambilnya di bibir Pantai Bahari Jawai dengan cabe rawit dan jeruk sambal. Dia juga menambahkan sedikit garam. Acar Teripang siap disantap. Selain dibuat acar, Nia juga memasak Teripang dengan jahe.

“Ini namanya Gamat masak jahe gaes, menu baru ala-ala Pantai Bahari, silakan anda coba. Bagi yang berminat silakan mutik sorang (ambil sendiri) di tepi Pantai Jawai,” katanya.

Olahan Makanan Teripang
Acar Teripang dan Teripang masak jahe buatan Nia. (Ist).

Fenomena Langka

Sebelumnya, jutaan Teripang (holothuroidea) muncul secara misterius di sepanjang bibir Pantai Venesia, Dusun Pinang Merah, Desa Simpang Empat, Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Rabu (14/7/2021).

Kemunculan jutaan hewan tanpa tulang belakang (invertebrata) yang bisa disebut Gamat atau lebih familiar disebut Timun Laut tersebut merupakan fenomena alam langka yang terjadi, usai hujan deras disertai ombak besar melanda kawasan Pantai Venesia.

Peristiwa terdamparnya jutaan Teripang tersebut pertamakali diketahui oleh warga setempat bernama Ramli, dia yang merasa aneh kemudian merekam video dan mengirimkan ke teman-temannya.

Teripang memang bisa disantap jika diolah dengan benar. Meskipun bentuknya sedikit aneh bagi sebagian orang. Teripang ternyata mengandung banyak manfaat dan rasanya lezat. Asam amino tinggi yang terkandung dalam Teripang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Olahan Makanan Teripang
Teripang yang sudah dibersihkan dan siap dimasak. (Ist).
Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *