Kabar Gembira, UMKM Kalbar Dapat Insentif Pajak

UMKM Kalbar mendapat Insentif Pajak dari DJP
UMKM Kalbar mendapat Insentif Pajak dari DJP. Suara.com

PONTIANAK, insidepontianak.com – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) membagikan kabar gembira bagi sejumlah wajib pajak di Indonesia, tak terkecuali di Kalbar.

Sejumlah setor pajak kembali disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Bacaan Lainnya

Melalui DJP Wilayah Kalbar, sosialisasi diberlakukan dengan merilis sektor pajak apa saja yang mendapat keringanan dari DJP, baru-baru ini.

Menarik perhatian dalam rilis tersebut adalah intensif yang diperuntukan bagi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelaku UMKM nantinya mendapat insentif PPh final tarif sebesar 0,5%.

Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2018 (PPh Final PP 23) yang ditanggung pemerintah. Dengan demikian, wajib pajak UMKM tidak perlu melakukan setoran pajak.

Tidak hanya itu, pihak-pihak yang bertransaksi dengan UMKM juga tidak perlu melakukan pemotongan atau pemungutan pajak pada saat melakukan pembayaran kepada pelaku UMKM.

Pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan insentif ini pun tidak perlu mengajukan surat keterangan PP 23, tetapi cukup menyampaikan laporan realisasi setiap bulan.

Mengutip pernyataan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Neilmaldrin Noor, pemberian insentif perpajakan itu perlu diberikan.

Tentunya kata dia, pemberian itu dilakukan secara selektif dengan prioritas kepada sektor tertentu yang tertahan dan perlu lebih didukung laju pemulihannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *