7 Tersangka Pembunuhan Presiden Haiti Pernah Ikut Latihan Militer AS

PENYELIDIK - Agen Biro Penyelidik Federal AS (FBI) membantu menyelidiki kasus pembunuhan Presiden Jovenel Moise di luar kediamannya di Port-au-Prince, Haiti (15/7/2021). (VOA Indonesia)

insidepontianak.com – Setidaknya tujuh warga Kolombia yang ditangkap otoritas Haiti sehubungan pembunuhan Presiden Jovenel Moise pernah dilatih militer atau polisi AS.

Dilansir dari VOA Indonesia Seorang pejabat Amerika, yang tidak mau disebut namanya karena sensitifnya penyelidikan, mengatakan kepada VOA Jumat bahwa ketujuh orang itu adalah anggota militer Kolombia ketika mereka mengikuti pelatihan di Amerika.

Pejabat itu mengatakan Departemen Luar Negeri dan Departemen Pertahanan terus meninjau catatan mereka untuk mencari tahu apakah ada tersangka lain dalam pembunuhan itu yang memiliki hubungan dengan Amerika.

WN Kolombia yang Diduga terkait Pembunuhan di Haiti Pernah Dilatih di AS

“Tuduhan keterlibatan mereka dalam insiden ini sangat kontras dengan perilaku dan kinerja luar biasa dari ratusan ribu siswa militer asing yang telah mendapat manfaat dari program pelatihan pendidikan Amerika selama 40 tahun terakhir,” kata pejabat itu.

Moise ditembak tewas pada dini hari 7 Juli di kediaman pribadinya di pinggiran kota Port-au-Prince. Istrinya, Martine, terluka dalam serangan itu dan dalam pemulihan dari operasi di rumah sakit Miami, Florida

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *