Wabup Sambas Ingin Jadikan Musabaqah Zikir Najam Agenda Tahunan

Wabup Fahrur Rofi
Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi. (Ist).

SAMBAS, insidepontianak.com – Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi ingin menjadikan zikir najam atau zikir maulud sebagai kegiatan rutin tahunan berbentuk musabaqah zikir.

Menurutnya, perlombaan itu bisa menjadi ajang pelestarian budaya warisan bagi masyarakat melayu Kabupaten Sambas.

Bacaan Lainnya

“Potensi budaya kita sangat luar biasa. Ke depan, kita akan bangkitkan. Saya pastikan musabaqah zikir najam skala kabupaten akan direalisasikan,” katanya, saat menghadiri acara silaturahmi adat budaya di Desa Pusaka, Kecamatan Tebas, Sabtu (17/7/2021).

Zikir najam kata dia, adalah budaya yang penting sekali untuk dilestarikan. Selain itu, merdunya zikir khas Melayu itu, dianggap sangat luar biasa sekali sehingga bisa menarik perhatian wisatawan nantinya.

“Kemerduan zikir najam itu luar biasa, itu adalah sesuatu yang spektakuler. Wisatawan pasti ingin melihatnya langsung jika ada musabaqah. Ke depan pasti kita anggarkan untuk kegiatan skala kabupaten,” katanya.

Rofi mengatakan, kegiatan musabaqah zikir najam yang dia dambakan itu, nantinya bisa disandingkan dengan peringatan hari jadi Kota Sambas. Lalu, acara puncaknya bisa dilaksanakan di Keraton Alwatzikhoebillah.

“Saya yakin bisa, insyaallah Pangeran Ratu Mulia Muhammad Tarhan pasti setuju. Acara puncaknya bisa di Keraton Alwatzikhoebillah,” ucapnya.

Menurutnya, dalam lingkup budaya, terdapat sektor ekonomi dan aspek keimanan. Ketiga hal itu saling berhubungan seperti mata rantai. Sehingga pengembangan potensi budaya sangat sesuai dengan visi misi utama Satono-Rofi.

“Aspek budaya tak hanya untuk kehidupan sosial. Ada sektor ekonomi dan aspek keimanan,” ujarnya.

“Sesuai visi misi Satono-Rofi. Ketika kita bicara iman, bicara agama di Sambas 86 persen umat Islam suku Melayu. Jadi  budaya itu adalah adat bersendikan syara’, syara’ bersendikan kitabullah,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *