Tiga Nelayan Mempawah Ditangkap Polisi Gegara Curi Besi di Pelabuhan Kijing

Barang Bukti Besi yang Dicuri di Pelabuhan Kijing
Barang bukti besi milik PT Wika yang diamankan polisi dari tangan tiga oknum nelayan Mempawah. (Ist)

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Tiga orang nelayan ditangkap polisi karena terbukti mencuri besi milik PT Wijaya Karya (WIKA) di kawasan Pelabuhan Internasional Kijing. Ketiganya adalah BD (39), EW (27), dan RD (24). Mereka ditangkap pada Jumat (16/7/2021).

“Berdasarkan KTP nya, ketiganya berprofesi sebagai nelayan yang beralamat di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah,” kata Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP M Resky Rizal, Minggu (18/7/2021).

Bacaan Lainnya

Resky mengungkapkan, pencurian yang dilakukan tiga nelayan itu terbongkar saat seorang pekerja di kawasan Pelabuhan Internasional Kijing dan dua anggota Marinir dan seorang Brimob berkeliling di area pelabuhan.

“Mereka melihat ketiga tersangka sedang memuat besi-besi ke dalam dump truk warna putih. Mereka curiga karena dump truk tersebut bukan angkutan di sekitar pelabuhan,” kata Resky.

Dari kecurigaan itu lah, anggota Marinir dan seorang Brimob bersama pekerja pelabuhan menghapiri dump truk tersebut, dan melaporkan kejadian itu ke Satreskrim Polres Mempawah.

“Kami langsung ke lokasi dan mengamankan ketiga tersangka beserta barang bukti. Saat diinterogasi mereka mengakui perbuatannya mencuri besi di kawasan pelabuhan,” ungkap Resky.

Adapun jenis besi-besi yang dicuri ketiga pelaku yakni, besi clamp cincin, besi temporary support, besi hollow support, besi UNP 100 dan besi H Beam 200 serta besi beton. Taksiran kerugian mencapai Rp5 juta rupiah.

Atas perbuatan itu, ketiga nelayan tersebut akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian. Dengan ancaman penjara maksimal lima tahun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *