Perayaan Iduladha di Masa Pandemi, Presiden Jokowi Ajak Umat Teladani Nabi Ibrahim

Presiden Repubik Indonesia Joko Widodo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas melalui konferensi video mengenai evaluasi PPKM Darurat dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/7/2021). (Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden/Suara.com).

JAKARTA, insidepontianak.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh umat muslim mengambil hikmah pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim Aalaihi Salam (AS) dalam peringatan hari raya Iduladha 2021 di tengah lonjakan kasus pandemi Covid-19 di tanah air.

Menurut Presiden, Nabi Ibrahim AS sejatinya telah mewariskan keteladanan kepada umat muslim. Di mana betapa pentingnya keimanan, ketakwaan, keikhlasan untuk berkorban tanpa keraguan demi menjalankan perintah Allah SWT. Keteladanan Nabi Iberahim, mestinya juga diamalkan oleh umat muslim dalam kondisi pandemi saat ini.

Bacaan Lainnya

“Di tengah pandemi saat ini, kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban banyak lagi. Mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat serta sesama,” ucap Presiden Jokowi dalam acara Takbir Akbar Virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Senin (19/7/2021) malam.

Dengan melihat situasi akan dampak dari penyebaran Covid-19 sekarang ini, Jokowi menilai hal tersebut menjadi momen yang tepat untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan, ukhuwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah dan ukhuwah isnaniyah.

Keikhlasan dan kesabaran menghadapi pandemi di momen Iduladha mesti diyakini dapat melipatgandakan energi sesama manusia untuk menghimpun kekuatan serta optimis bangkit bersama.

Karena itu, Presiden Jokowi mengajak umat muslim untuk mengoptimalkan ikhtiar lahiriyah dan ikhtiar batiniyah.

“Kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi prokes memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama,” ajaknya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga kembali mengajak umat muslim untuk memetik hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Keteladan itu, bisa dipraktikkan ketika perayaan hari raya Iduladha di mana umat muslim harus menggelar takbir dan salat di rumah masing-masing.

Terakhir, seluruh umat muslim diajak untuk bisa mendoakan supaya pandemi Covid-19 segera berakhir dan untuk pasien-pasien yang tengah berjuang dari Covid-19 bisa segera diberikan kesembuhan.

“Semoga Allah SWT memberikan kesabaran dan kekuatan bagi kita semua. Semoga Allah SWT meridai dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19 ini. Amin, amin, ya rabbal alamin,” tutup Presiden.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *